fbpx

Perbedaan Tour Leader dan Tour Guide

Perbedaan Tour Leader dan Tour Guide

LSP JDISebagian besar orang masih menyamakan antara profesi tour leader atau pemimpin rombongan wisata dan tour guide, yang mana keduanya merupakan pekerjaan yang berbeda. Jadi, apa perbedaan keduanya?

Tour Leader (Pemimpin Rombongan Wisata). Pemimpin rombongan wisata merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk bertanggung jawab dan memimpin sebuah grup wisata selama perjalanan berlangsung. Dari segi teknis kerja, tour leader lebih sering berkomunikasi dengan grup yang dipimpinnya. Namun, tugas utama seorang pemimpin rombongan wisata adalah memberikan pelayanan yang terbaik pada tamu selama berwisata.

Tour Guide. Sedangkan tour guide merupakan seseorang yang mempunyai tanggung jawab untuk memandu grup wisata dalam perjalanan mereka, seperti memberikan informasi terkait tempat serta serangkaian tour. Dari segi teknis kerja, tour guide memulai pekerjaannya ketika sudah menemui grup wisata, yang mana nantinya tour guide akan bertanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikannya dalam perjalanan wisata.

Lebih lanjut, untuk berprofesi sebagai tour leader atau tour guide yang dianggap handal dan dipercaya perusahaan pariwisata maupun kliennya, sangat diwajibkan bagi profesi tersebut untuk melakukan sertifikasi kompetensi, Sertifikasi Kompetensi di Bidang Pariwisata khususnya tour leader atau tour guide adalah proses pemberian sertifikat kompetensi di bidang kepariwisataan yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, standar internasional dan/atau standar khusus.

Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI) merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang melaksanakan pengembangan standar kompetensi, sertifikasi kompetensi pada suatu bidang profesi dan memiliki tanggung jawab teknis dan administratif atas implementasi, pembinaan dan pengembangan standar kompetensi profesi tenaga kerja di bidangnya.

LSP JDI mempunyai beberapa skema yang dapat diikuti dalam bidang guide. detail skema antara lain:

  • Tour Leader
  • Pramuwisata
  • Kepemanduan Museum
  • Kepemanduan Outbound
  • Kepemanduan Ekowisata

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas