fbpx

Kontribusi LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia dalam Memajukan Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia

Pariwisata berkelanjutan telah menjadi salah satu isu utama dalam industri pariwisata di era modern. Tujuan dari pariwisata berkelanjutan adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan, budaya, dan masyarakat setempat, sambil tetap menyediakan pengalaman wisata yang memuaskan bagi wisatawan. Di Indonesia, LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia memiliki peran penting dalam memajukan pariwisata berkelanjutan dengan berkontribusi pada berbagai aspek penting. Berikut adalah beberapa cara di mana LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia berperan dalam memajukan pariwisata berkelanjutan di Indonesia:

1. Standarisasi Praktik Berkelanjutan
LSP Pariwisata Jana Dharma berperan dalam mengembangkan standar praktik pariwisata berkelanjutan yang relevan dengan kondisi Indonesia. Standar ini mencakup praktik-praktik ramah lingkungan, pengelolaan limbah, pelestarian budaya, perlindungan terhadap flora dan fauna, serta dampak positif bagi masyarakat lokal. Dengan adanya standar praktik berkelanjutan yang jelas, para pelaku industri pariwisata dapat diarahkan untuk mengadopsi praktik-praktik yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

2. Pelatihan untuk Kesadaran Berkelanjutan
LSP Pariwisata Jana Dharma menyelenggarakan program pelatihan dan sertifikasi yang mencakup aspek-aspek pariwisata berkelanjutan. Para profesional di industri pariwisata diberikan pemahaman tentang pentingnya kesadaran berkelanjutan dan bagaimana mengimplementasikan praktik-praktik berkelanjutan dalam operasional mereka. Melalui pelatihan ini, para pelaku industri pariwisata di Indonesia menjadi lebih sadar akan tanggung jawab mereka untuk menjaga kelestarian lingkungan dan budaya.

3. Pengenalan Destinasi Berkelanjutan
LSP Pariwisata Jana Dharma berperan dalam mengenalkan destinasi-destinasi pariwisata berkelanjutan di Indonesia kepada para pelaku industri dan wisatawan. Destinasi berkelanjutan ini biasanya terpencil dan kurang dikenal, namun memiliki potensi besar untuk pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Dengan mempromosikan destinasi-destinasi ini, LSP Pariwisata Jana Dharma membantu mengalihkan perhatian dari destinasi yang ramai dan rentan terhadap dampak negatif pariwisata massal.

4. Penghargaan bagi Praktik Berkelanjutan
LSP Pariwisata Jana Dharma juga berperan dalam memberikan penghargaan bagi praktik berkelanjutan di industri pariwisata. Penghargaan ini memberikan motivasi dan insentif bagi para pelaku industri untuk terus meningkatkan praktik berkelanjutan mereka. Selain itu, penghargaan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan wisatawan tentang pentingnya pariwisata berkelanjutan.

5. Penguatan Kerjasama Berkelanjutan
Melalui program pelatihan dan sertifikasi, LSP Pariwisata Jana Dharma mendorong kerjasama berkelanjutan antara pelaku industri, pemerintah, dan masyarakat lokal. Kolaborasi yang kuat ini memungkinkan implementasi praktik berkelanjutan yang lebih efektif dan berkelanjutan dalam pengelolaan destinasi pariwisata di Indonesia.

Secara keseluruhan, kontribusi LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia dalam memajukan pariwisata berkelanjutan sangatlah penting. Dengan mengedukasi, memberikan pelatihan, dan mempromosikan praktik berkelanjutan, LSP Pariwisata Jana Dharma membantu mengarahkan industri pariwisata di Indonesia menuju arah yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab. Melalui upaya bersama antara LSP, pelaku industri, pemerintah, dan masyarakat, pariwisata berkelanjutan dapat menjadi salah satu pilar utama untuk pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Bagi anda yang akan mendapatakan sertifikasi bidang pijat bayi dapat melakukan uji di Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonesis dengan judul skema sertifikasi bidang pijat bayi selain judul skema tersebut LSP Jana Dharma Indonesia mempunyai 34 skema sertifikasi bidang pariwata dan ekonomi kreatif sebanyak 34 skema.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2024
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2024
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2024
Batch 4 Mulai 7-8 April 2024
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2024
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2024
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2024
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2024
Batch 9 Mulai 1-2 September 2024
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2024
Batch 11 Mulai 10-11 November 2024
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2024

Contact Us

WhatsApp :082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas