fbpx

Tour Guide Freelance dan Tour Guide Tetap: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Pada Tour Guide Freelance dan Tetap

Profesi sebagai tour guide menawarkan dua opsi utama menjadi tour guide freelance atau tour guide tetap. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pemilihan bergantung pada preferensi dan tujuan karir individu. Tentunya kedua tipe profesi ini sama-sama memberikan dampak signifikan bagi keberlangsungan industri pariwisata.

Oleh sebab itu, mari kita pahami lebih dalam mengenai perbedaan antara tour guide freelance dan tour guide tetap, serta mengapa keputusan untuk mengikuti sertifikasi profesi tour guide di LSPP Jana Dharma Indonesia adalah langkah yang cerdas.

Tour Guide Freelance

Kelebihan :

Fleksibilitas Waktu

Sebagai tour guide freelance, Anda memiliki kontrol lebih besar atas jadwal kerja Anda. Ini memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan mengambil pekerjaan sesuai keinginan Anda.

Kebebasan Memilih Proyek

Anda dapat memilih proyek atau klien yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Ini memberi Anda kebebasan untuk bekerja dalam berbagai konteks dan destinasi wisata.

Potensi Penghasilan yang Lebih Tinggi

Dengan mengambil proyek-proyek yang lebih menguntungkan atau bekerja dengan klien-klien kelas atas, seorang tour guide freelance memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

Kekurangan :

Tidak Ada Jaminan Penghasilan Tetap

Sebagai freelancer, Anda mungkin mengalami fluktuasi dalam pendapatan karena tidak ada jaminan penghasilan tetap. Ini dapat menjadi tantangan terutama pada musim sepi wisata.

Tanggung Jawab Administratif Sendiri

Seorang tour guide freelance harus menangani tugas administratif seperti perpajakan, manajemen waktu, dan pemasaran sendiri, yang dapat memakan waktu dan tenaga.

Tour Guide Tetap

Kelebihan :

Penghasilan Tetap

Sebagai tour guide tetap, Anda dapat menikmati penghasilan yang lebih stabil dan terjamin setiap bulan. Ini memberikan keamanan finansial yang lebih besar.

Manfaat Karyawan

Tour guide tetap yang bekerja untuk sebuah perusahaan atau agen biasanya mendapatkan manfaat karyawan, seperti asuransi kesehatan, cuti tahunan, dan tunjangan lainnya.

Dukungan dan Pelatihan

Perusahaan atau agen biasanya menyediakan pelatihan dan dukungan yang dapat membantu pengembangan keterampilan dan kemajuan karir tour guide.

Kekurangan :

Keterbatasan Fleksibilitas Waktu

Sebagai tour guide tetap, Anda mungkin memiliki keterbatasan dalam mengatur waktu bekerja dan kurangnya fleksibilitas untuk memilih proyek atau destinasi yang ingin dijelajahi.

Ketergantungan pada Perusahaan

Sebagai karyawan, Anda mungkin harus mengikuti kebijakan dan aturan perusahaan, yang dapat mengurangi kebebasan Anda dalam mengelola pekerjaan.

Baca juga : Pentingnya Bahasa Asing dalam Menjadi Tour Guide Multibahasa

Mengikuti sertifikasi profesi tour guide di LSPP Jana Dharma Indonesia memberikan keuntungan besar, baik bagi tour guide freelance maupun tetap. Sertifikasi ini menyediakan pengetahuan mendalam tentang etika tour guiding, interaksi dengan pelanggan, dan pengetahuan destinasi wisata. Dengan memiliki sertifikasi ini, Anda dapat memperoleh kepercayaan pelanggan, meningkatkan profesionalisme, dan meningkatkan peluang karir Anda dalam industri pariwisata.

Bergabunglah dengan LSPP Jana Dharma Indonesia dan dapatkan sertifikasi profesi tour guide yang diakui. Dengan demikian, Anda akan memperoleh keunggulan yang signifikan dalam karir Anda sebagai seorang tour guide. Segera ambil langkah untuk mendaftar sertifikasi profesi tour guide di LSPP Jana Dharma Indonesia dan buka pintu menuju kesuksesan dalam dunia tour guiding!

WhatsApp : +6281215017975
Telp : 0274 543 761 (Ninda)
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas