fbpx

Mengenal Dunia Hospitality dan Orang-Orang yang Berperan Didalamnya

The Role and Functions of a Hotel Laundry Attendant

Industri hospitality adalah sektor yang mencakup berbagai layanan yang berhubungan dengan keramahtamahan, termasuk akomodasi, makanan dan minuman, serta rekreasi. Industri ini bertujuan untuk menyediakan pengalaman yang nyaman, menyenangkan, dan memuaskan bagi pelanggan. Seiring dengan perkembangan industri pariwisata, kebutuhan akan tenaga kerja yang kompeten di bidang hospitality semakin meningkat. Artikel ini akan membahas jenis-jenis pekerjaan dalam bidang hospitality, serta kelebihan dan kekurangannya.

Definisi Industri Hospitality

Industri hospitality adalah bagian dari sektor jasa yang berfokus pada pelayanan dan kenyamanan pelanggan. Sektor ini melibatkan berbagai aktivitas bisnis seperti hotel, restoran, kafe, bar, resort, dan fasilitas rekreasi lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang positif bagi pelanggan, baik dalam hal akomodasi, makanan dan minuman, maupun layanan rekreasi.

Jenis-jenis Pekerjaan dalam Bidang Hospitality

Manajer Hotel

Bertanggung jawab atas operasional harian hotel, termasuk manajemen staf, layanan pelanggan, pemeliharaan fasilitas, dan pengelolaan anggaran. Memiliki posisi yang menantang dengan peluang besar untuk pengembangan karir dan penghasilan yang baik. Namun memiliki kekurangan juga yaitu beban kerja yang tinggi dan tanggung jawab besar, sering kali membutuhkan jam kerja yang panjang dan tidak menentu.

Chef

Dikenal sebagai pemimpin dapur dan tim kuliner, merancang menu, mengawasi persiapan makanan, dan memastikan kualitas serta keamanan makanan. Memiliki kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas dan inovasi dalam memasak, serta penghargaan profesional. Namun memiliki kekurangan juga yaitu pekerjaan satu ini menuntut fisik dengan jam kerja yang panjang dan sering kali di bawah tekanan.

Pelayan (Waiter/Waitress)

Melayani tamu di restoran atau kafe, mengambil pesanan, menyajikan makanan dan minuman, serta memastikan kepuasan pelanggan. Memiliki pekerjaan yang dinamis dengan interaksi sosial tinggi dan peluang untuk mendapatkan tip. Namun memiliki kekurangan juga yaitu adanya tuntutan fisik yang tinggi dan jam kerja yang fleksibel, sering kali termasuk malam dan akhir pekan.

Manajer Restoran

Mengelola operasional harian restoran, termasuk manajemen staf, layanan pelanggan, pemeliharaan standar kebersihan, dan pengelolaan anggaran. Memiliki peran kepemimpinan dengan potensi pengembangan karir dan penghasilan yang baik. Namun memiliki kekurangan juga yaitu bertanggung jawab besar dan beban kerja yang tinggi, dengan jam kerja yang tidak menentu.

Bartender

Menyiapkan dan menyajikan minuman kepada pelanggan, menciptakan koktail, dan memberikan pengalaman bar yang menyenangkan. Memiliki pekerjaan yang menarik dengan peluang kreatif dan interaksi sosial tinggi. Namun memiliki kekurangan juga yaitu jam kerja yang panjang, sering kali masuk pada malam dan akhir pekan, serta tuntutan fisik yang tinggi.

Housekeeping

Bekerja untuk memastikan kebersihan dan kenyamanan kamar tamu serta area publik di hotel atau resort. Memiliki pekerjaan yang stabil dengan peluang untuk berkarir dalam manajemen housekeeping. Disisi lain pekerjaan satu ini menuntut fisik dengan standar kebersihan yang tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dalam Bidang Hospitality

Kelebihan

Pengembangan Karir : Banyak peluang untuk naik jabatan dan mengembangkan karir, terutama dengan pengalaman dan sertifikasi.

Lingkungan Kerja Dinamis : Interaksi dengan berbagai orang setiap hari menciptakan lingkungan kerja yang menarik dan dinamis.

Penghasilan Tambahan : Beberapa posisi, seperti pelayan dan bartender, memiliki peluang untuk mendapatkan tip yang signifikan.

Kekurangan

Jam Kerja Tidak Menentu : Banyak posisi membutuhkan kerja pada malam hari, akhir pekan, dan hari libur.

Tuntutan Fisik : Banyak pekerjaan dalam bidang hospitality membutuhkan aktivitas fisik yang intens dan berdiri dalam waktu lama.

Stres dan Tekanan : Menangani keluhan pelanggan dan menjaga standar tinggi dapat menjadi sumber stres dan tekanan.

Baca juga : Peran Kesetaraan Gender dalam Industri Hospitality

Kesimpulan

Pekerjaan di industri hospitality menawarkan banyak peluang dan tantangan. Dengan kebutuhan yang terus meningkat seiring perkembangan industri pariwisata, tenaga kerja yang kompeten dan bersertifikasi sangat dibutuhkan. Sertifikasi profesi bidang hospitality tidak hanya meningkatkan kualitas layanan tetapi juga memperluas peluang karir dan memberikan keunggulan kompetitif.

Bagi Anda yang tertarik mengembangkan karir di bidang hospitality, mengikuti Sertifikasi Profesi bidang Hospitality di LSPP Jana Dharma Indonesia adalah langkah yang tepat. Sertifikasi ini akan membekali Anda dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses di industri yang dinamis ini. Mari tingkatkan profesionalisme dan kontribusi Anda dalam dunia hospitality!

Untuk informasi selengkapnya, hubungi kami :

WhatsApp : +6282322795991 (Ninda)
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *