APAKAH SERTIFIKASI KOMPETENSI PENTING?

APAKAH SERTIFIKASI KOMPETENSI PENTING?

Di dunia tenaga kerja seseorang sudah pasti dituntut untuk memiliki pengetahuan dan menguasai keterampilam dari bidang pekerjaan masing-masing. Hal ini dibutuhkan karena setiap perusahaan pasti mengharapkan hasil yang maksimal dari industrinya. Dengan memiliki individu yang kompeten maka perusahaan akan lebih mudah untuk meningkatkan kualitasnya untuk bisa bersaing di dunia industri. Sertifikat kompetensi yang dimiliki seseorang akan membantu proses perekrutan karyawan untuk perusahaan karena dapat mempermudah melihat kemampuan individu yang akan dipekerjakan.

Sertifikasi kompetensi merupakan proses pemberian sertifikat dengan cara objektif dan sistematis melalui asesmen kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja nasional, internasional dan atau standar khusus lainnya. Pelaksanaan asesmen kompetensi diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 2018 yang mengutus BNSP sebagai lembaga yang memiliki tugas untuk memantau dan memastikan pengembangan kompetensi yang ada di Indonesia.

Sertifikat kompetensi dapat diperoleh setelah seseorang melalui serangkaian proses sertifikasi baik untuk pelatihan ataupun uji kompetensinya. Setelah dinyatakan lulus oleh lembaga pelaksananya, seseorang baru bisa mendapatkan sertifikat tersebut.

Sertifikat kompetensi sangat penting dimiliki oleh seseorang untuk menunjang karirnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan kata lain, adanya sertifikat kompetensi akan memberikan bukti formal bahwa seseorang telah memiliki keahlian dalam bidang profesi tertentu. Ada beberapa keuntungan dari sertifikasi kompetensi diantaranya

  1. Bagi calon tenaga kerja sertifikat kompetensi akan bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas dan keoercayaan diri karena memiliki pengakuan berupa bukti bahwa dirinya memiliki kompetensi dalam bidang tertentu.
  2. Bagi karyawan yang telah bersertifikat di tempat kerja akan memiliki peluang berupa jenjang karir dan promosi yang lebih baik dari pada karyawan yang belum memilikinya.
  3. Bagi perusahaan atau tempat kerja, adanya sertifikat kompetensi bermanfaat untuk mengurangi kesalahan kerja, meningkatkan produktivitas perusahaan, memiliki karyawan yang mampu berdaya saing di industri karena memiliki keahlian dalam bidangnya masing-masing.

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Diarsipkan di bawah: Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas