fbpx

UJI KOMPETENSI BNSP UNTUK APA?

UJI KOMPETENSI BNSP UNTUK APA?

Uji kompetensi adalah proses penilaian atau assessment yang dilakukan baik secara teknis maupun non teknis yang diadakan oleh Direktorat SDM dan organisasi dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi atau keahlian dari seseorang yang nantinya akan direkomendasikan pada jabatan tertentu. Jenis uji yang dinilai meliputi tes tulis, tes lisan dan praktek sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih.

Ujian kompetensi BNSP sangat penting untuk diikuti karena dengan mengikuti ujian tersebut jika dinyatakan lulus maka akan mendapatkan sertifikat kompetensi BNSP. Sertifikat BNSP ini sangat bermanfaat pada saat seseorang memasuki dunia kerja karena sertifikat ini menunjukkan keahlian yang dimiliki terkait suatu profesi. Dengan memiliki sertifikat kompetensi akan menunjukkan bahwa pemilik sertifikat sudah berkompeten dalam bidang yang ditekuni dan bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitasnya di bidang pekerjaannya.

Sertifikat kompetensi yang diakui secara resmi di Indonesia salah satunya adalah sertifikat BNSP. Untuk mendapatkan sertifikat BNSP hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pendaftaran ke lembaga yang bisa memberikan sertifikasi sesuai dengan kompetensi yang diinginkan. Setelah mendaftar biasanya akan ada informasi selanjutnya dari pihak yang menyelenggarakan sertifikaasi terkait dengan pelaksanaan uji kompetensi.

Saat ini ada banyak lembaga sertifikasi tersebar di Indonesia. Salah satu lembaga sertifikasi yang dapat dipilih untuk menjadi tempat sertifikasi kompetensi adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonesia. LSP JDI merupakan sebuah lembaga yang telah mendapat lisensi dari BNSP dan memiliki wewenag untuk melakukan sertifikasi kompetensi. LSP yang beralamat di Yogyakarta ini berfokus pada bidang pariwisata saja. Lembaga ini siapbantu untuk mendapatkan sertifikat yang diinginkan agar mempermudah pada saat mencari pekerjaan.

Proses sertiifikasi biasanya dilakukan selama 2-3 jam tergantung dengan sertifikasi yang dipilih. setelah selesai mengikuti serangkaian proses sertifikasi dan dinyatakan kompeten maka sertifikat BNSP dapat diterima sekitar satu bulan dari pelaksanaan uji kompetensi. Syarat yang diperlukan untuk dapat mengambil sertifikatnya adalah dengan telah melengkapi data sertifikasi di sistem.

 

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Diarsipkan di bawah: Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas