fbpx

Tour Leader Sertifikasi BNSP LSP Jana Dharma Indonesia

Tour Leader Sertifikasi BNSP LSP Jana Dharma Indonesia

Tour Leader Sertifikasi BNSP LSP Jana Dharma Indonesia

LSP JDI – Tugas utama seorang Tour Leader adalah memimpin rombongan wisata dalam perjalanannya selama melaksanakan tour/wisata baik di dalam maupun di luar negeri. Dunia pariwisata yang berkembang pesat, menuntut tersedianya Tour Leader yang kompeten dan mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik daam jasa perjalanan wisata yang ditawarkan. Kompetensi sebagai Tour Leader guna menunjang jenjang karir yang diakui secara nasional adalah dengan mengikuti sertifikasi dari BNSP.

Tour leader dalam bekerja biasanya bekerja dengan biro perjalanan atau freelance. tour leader yang bekerja di biro perjalanan harus berangkat bersama-sama dengan rombongan menuju obyek wisata yang dituju. Karena itu adalah salah satu tugas dari seorang tour leader. Biro perjalanan sendiri biasanya sudah memberi fasilitas-fasilitas kepada tour leader seperti: tiket pulang-pergi, fasilitas makan selama perjalanan, tempat penginapan yang sama dengan dimana para peserta akan menginap, dan uang saku yang besarnya tergantung dengan biro perjalanan.

Selain bekerja tetap disalah satu perusahaan, seorang Tour Leader pun bisa menjadi seorang Freelancer Tour Leader, artinya Tour Leader tersebut berdiri sendiri tanpa bergantung secara tetap ke salah satu perusahaan biro perjalanan. umumnya untuk bisa menjadi seorang Freelance diperlukan kemampuan mandiri Tour Leader tersebut dalam menjual kemampuannya agar bisa didapatkan oleh para pihak, baik Biro Perjalanan / Customer Langsung yang ingin memakai Jasanya, oleh karena itu melakukan Personal Branding adalah salah satu hal Mutlak yang perlu dilakukan oleh Seorang Tour Leader. Selain itu hal yang dibutuhkan oleh seorang tour leader adalah bukti sertifikasi sebagai bukti kompetensinya sebagai tour leader.

Tujuan uji kompetensi tersebut adalah agar SDM pariwisata khususnya tour leader memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dan memastikan sertifikasi dengan skema Tour Leader yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Dalam bidang kepemanduan wisata Selain skema Tour Leader yang ada di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia ada juga Skema Kepemanduan Outbound, Skema Kepemanduan Ekowisata, Skema Pemandu Museum.

 

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Sertifikasi Usaha Hotel adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha hotel untuk mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha hotel melalui baca selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas