fbpx

Tips Memilih Mesin Kopi untuk Para Barista Pemula

Tips Memilih Mesin Kopi untuk Para Barista Pemula – Memilih mesin kopi yang tepat adalah langkah penting bagi para barista pemula untuk memulai karir mereka dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam memilih mesin kopi yang sesuai:

  1. Tetapkan Anggaran: Pertama-tama, tentukan anggaran yang dapat Anda alokasikan untuk mesin kopi. Harga mesin kopi bervariasi dari yang terjangkau hingga yang mahal, jadi memiliki anggaran yang jelas akan membantu menyaring pilihan Anda.
  2. Pilih Tipe Mesin Kopi: Ada beberapa tipe mesin kopi yang tersedia, seperti mesin espresso otomatis, semi-otomatis, atau manual (lever). Mesin otomatis biasanya lebih mudah digunakan oleh pemula karena prosesnya lebih otomatis. Namun, mesin semi-otomatis dan manual memberikan lebih banyak kendali terhadap hasil akhir dan dapat menjadi pilihan menarik untuk barista yang ingin menguasai seni meracik kopi secara lebih mendalam.
  3. Perhatikan Kapasitas: Pertimbangkan berapa banyak kopi yang akan Anda seduh setiap harinya dan pilih mesin dengan kapasitas yang sesuai. Jika Anda berencana untuk membuka kedai kopi, mesin dengan kapasitas yang lebih besar mungkin lebih sesuai, tetapi jika Anda hanya ingin menyeduh kopi untuk diri sendiri atau teman-teman, mesin dengan kapasitas kecil sudah cukup.
  4. Evaluasi Fitur yang Dibutuhkan: Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan oleh mesin kopi. Beberapa fitur umum termasuk pengaturan suhu, tekanan, waktu ekstraksi, dan alat steamer untuk menghasilkan uap susu. Pilih mesin yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memudahkan Anda dalam meracik kopi dengan kualitas tinggi.
  5. Periksa Kualitas Pembuatan: Pastikan untuk memeriksa kualitas pembuatan mesin kopi yang akan Anda beli. Pilih mesin dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam industri kopi. Mesin kopi yang tahan lama dan dibuat dengan material berkualitas akan memberikan kinerja yang lebih baik dalam jangka panjang.
  6. Baca Ulasan dan Tinjauan: Sebelum membeli, cari ulasan dan tinjauan tentang mesin kopi yang Anda pertimbangkan. Ulasan dari pengguna dan ahli dapat memberikan informasi berharga tentang kelebihan dan kekurangan dari setiap mesin.
  7. Cek Ketersediaan Suku Cadang dan Layanan Purna Jual: Pastikan bahwa mesin kopi yang Anda pilih memiliki ketersediaan suku cadang yang cukup dan mendapatkan dukungan layanan purna jual yang baik. Ini penting untuk memastikan bahwa mesin Anda dapat diatasi jika terjadi masalah teknis atau perlu dilakukan perbaikan.
  8. Pertimbangkan Ruang dan Desain: Perhatikan ukuran dan desain mesin kopi yang Anda pilih, terutama jika Anda memiliki keterbatasan ruang di tempat Anda menyeduh kopi. Pilih mesin yang sesuai dengan ruang yang ada dan sesuai dengan gaya interior yang Anda inginkan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda akan dapat memilih mesin kopi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda sebagai barista pemula. Pastikan untuk membandingkan beberapa pilihan sebelum membuat keputusan akhir.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2024
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2024
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2024
Batch 4 Mulai 7-8 April 2024
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2024
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2024
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2024
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2024
Batch 9 Mulai 1-2 September 2024
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2024
Batch 11 Mulai 10-11 November 2024
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2024

Contact Us

WhatsApp :082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tips Memilih Mesin Kopi untuk Para Barista Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *