fbpx

Mengenal Berbagai Jenis Kopi yang Dikuasai oleh Barista

Mengenal Berbagai Jenis Kopi yang Dikuasai oleh Barista – Sebagai seorang barista, mengenal berbagai jenis kopi adalah bagian penting dalam menjalankan pekerjaan Anda dengan baik. Berikut ini adalah beberapa jenis kopi yang umum dikuasai oleh barista:

  1. Espresso: Espresso adalah dasar dari sebagian besar minuman kopi yang disajikan di kedai kopi. Ini adalah metode penyeduhan yang melibatkan menghasilkan shot kopi menggunakan tekanan tinggi dan waktu ekstraksi yang singkat. Espresso memiliki rasa yang pekat, konsentrasi tinggi, dan crema di permukaannya. Barista harus menguasai teknik pemanggangan biji kopi dan pengaturan mesin espresso untuk menghasilkan espresso yang seimbang dan berkualitas tinggi.
  2. Cappuccino: Cappuccino adalah minuman kopi yang terdiri dari espresso, susu steamed, dan busa susu. Barista harus menguasai teknik steaming susu dengan sempurna untuk menciptakan tekstur yang lembut dan halus. Proporsi antara espresso, susu, dan busa susu harus seimbang agar cappuccino memiliki rasa yang harmonis.
  3. Latte: Latte adalah minuman kopi yang terbuat dari espresso dan susu steamed dengan sedikit busa susu di atasnya. Rasio antara espresso dan susu dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi pelanggan. Barista harus dapat menghasilkan susu steamed yang krimi dan menggabungkannya dengan espresso untuk menciptakan minuman yang lembut dan kaya rasa.
  4. Americano: Americano adalah minuman kopi yang terbuat dari espresso yang dituangkan di atas air panas. Ini adalah alternatif yang lebih ringan untuk espresso murni. Barista harus dapat mengukur dan mengatur rasio antara espresso dan air panas dengan benar untuk menghasilkan rasa yang seimbang dan konsentrasi yang tepat.
  5. Macchiato: Macchiato adalah espresso dengan sedikit susu steamed atau busa susu yang ditambahkan. Ini memberikan sentuhan kelembutan pada rasa espresso tanpa mengubah karakteristiknya yang kuat. Barista harus dapat menambahkan jumlah yang tepat dari susu atau busa susu agar rasa espresso tetap dominan.
  6. Pour Over: Pour over adalah metode penyeduhan yang melibatkan menuangkan air panas secara perlahan-lahan ke atas biji kopi yang digiling secara manual dalam dripper atau alat penyaring kopi. Ini menghasilkan secangkir kopi yang lembut, ringan, dan memiliki kejernihan rasa yang khas. Barista harus menguasai teknik penggilingan, perbandingan air dan kopi, serta cara menuangkan air dengan konsistensi yang baik.

Selain jenis-jenis di atas, ada banyak lagi jenis kopi yang bisa dikuasai oleh barista, seperti ristretto, lungo, flat white, cortado, dan masih banyak lagi. Penting bagi seorang barista untuk terus memperluas pengetahuan mereka tentang berbagai jenis kopi, mulai dari asal-usul biji kopi hingga profil rasa yang unik, untuk memberikan pengalaman kopi yang terbaik bagi pelanggan.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2023
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2023
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2023
Batch 4 Mulai 7-8 April 2023
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2023
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2023
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2023
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2023
Batch 9 Mulai 1-2 September 2023
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2023
Batch 11 Mulai 10-11 November 2023
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2023

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Mengenal Berbagai Jenis Kopi yang Dikuasai oleh Barista

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas