fbpx

Mari: Pariwisata, Industri yang Sangat Menjanjikan

Pengakuan Kompetensi Terkini, Making Bed dengan Asesor Dinia Achmad
Pengakuan Kompetensi Terkini, Making Bed dengan Asesor Dinia Achmad

LSP Pariwisata | Sertfikasi Kompetensi Pariwisata -Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 sudah di depan mata. Untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan konferensi nasional untuk pertama kalinya, di Jakarta, Selasa (19/8/2014). Konferensi ini berfokus pada topik untuk menyiapkan tenaga kerja pariwisata yang kompeten dan siap bersaing di MEA 2015.Pembicara di konferensi ini terdiri dari Deputi Menteri Bappenas Bidang Kemiskinan, Ketenagakerjaan dan UKM, Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Senior Officer ASEAN Secretariat, Direktur LSP Bidang Pariwisata, dan Managing Director Hotel Dharmawangsa Jakarta.
Hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu untuk membuka konferensi ini. Dalam pembukaannya, Menparekraf mengimbau untuk tidak kaget pada kehadiran MEA karena hal ini tidak tiba-tiba muncul pada 2015 namun telah ada secara bertahap sejak 2003.

“Pariwisata adalah industri yang sangat menjanjikan, pertumbuhan di wilayah ASEAN sebesar 12 persen, dibandingkan global yang hanya 5 persen,” kata Mari Pangestu. Dia menambahkan daya saing pariwisata Indonesia adalah nomor 70 dari 140 negara (di bawah Malaysia, Singapura dan Thailand) sedangkan untuk sumber daya manusia, Indonesia berada di nomor 38 dari 140 negara.

Sebagai penutup Menparekraf memberikan tiga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Pertama, untuk industri, harus dapat mendorong supaya tenaga kerjanya memenuhi standar. Juga supaya industri mengambil inisiatif untuk mendorong tenaga kerjanya agar melakukan sertifikasi.

Kedua, untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), supaya meningkatkan tempat uji kompetensi bahkan di daerah. Selain itu juga meningkatkan servis dan profesionalitas sebagai LSP. Ketiga, tambah Mari, untuk pemerintah daerah, supaya mendukung dengan memfasilitasi dan membentuk LSP di masing-masing daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas