fbpx

Keterampilan dan Pengetahuan Resepsionis

LSP JDI – Keterampilan dan Pengetahuan Resepsionis? Resepsionis bertanggung jawab untuk menyambut tamu, menjawab panggilan telepon dan berkomunikasi dengan departemen perusahaan. Resepsionis tidak hanya bekerja di kantor saja, namun resepsionis juga bisa bekerja di hotel dan tempat lainnya. Lebih lanjut, seorang resepsionis memerlukan sebuah keterampilan dan pengetahuan sebagai berikut:

  • Keterampilan dan Pengetahuan Resepsionis memiliki opsi untuk membuat laporan, bisa menjawab, serta tahu cara menggunakan teknik manajemen penyimpanan arsip.
  • Dapat menulis menggunakan steno dengan cepat dan dapat menggunakan metode penulisan surat, selain itu memiliki pengetahuan bahasa asing di mana terkadang beberapa perusahaan berada di tengah lingkungan yang terdiri dari orang asing atau ekspatriat. Mengetahui bahasa asing adalah cara yang efektif bagi staf resepsi untuk memberikan layanan terbaik kepada semua warga negara. Bahasa asing yang paling sering digunakan adalah bahasa Inggris.
  • Perhatian dan tanggap Dalam hal ini, resepsionis dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam situasi tertentu. Termasuk bagaimana menghadapi keadaan darurat, menuntut pelanggan dan beberapa pihak tak terduga.
  • Resepsionis diharuskan untuk informatif yang mana mampu menjelaskan atau menjelaskan sesuatu secara sederhana, efektif dan ramah sehingga tamu dapat dengan cepat memahami informasi yang mereka butuhkan. Dengan demikian, hubungan tamu dan tata kelola perusahaan dapat terjalin lebih awal.
  • Berpenampilan menarik, hal ini dikarenakan seorang resepsionis akan bertemu dengan banyak orang, maka resepsionis harus berpenampilan menarik. Penampilan resepsionis harus selalu bersih, rapi dan terawat. Penampilan yang baik membuat tamu atau pelanggan merasa lebih nyaman saat berinteraksi dengan resepsionis.

Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI) merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang melaksanakan pengembangan standar kompetensi, sertifikasi kompetensi pada suatu bidang profesi dan memiliki tanggung jawab teknis dan administratif atas implementasi, pembinaan dan pengembangan standar kompetensi profesi tenaga kerja di bidangnya.

Cara Memperoleh Sertifikasi Kompetensi

Cara untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi adalah dengan mengikuti uji kompetensi. LSP yang menyediakan sertifikasi sekaligus pelatihan adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonesia yang berfokus dalam bidang pariwisata yang beralamat di Yogyakarta. LSP JDI menyediakan berbagai jenis sertifikasi dan pelatihan yang bersinggungan dengan bidang pariwisata. Saat ini LSP JDI memiliki 34 skema yang telah dikelompokkan dan dapat diikuti.

artikel terkait sertifikasi lainnya dapat di klik disini

Contact Us

WhatsApp :082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *