fbpx

Jenis-Jenis Pramuwisata Bedasarkan Lingkup Topik Pembahasan dan Kegiatannya

Pramuwisata sedang menjelaskan ke wisatawan mengenai objek. Terdapat beberapa jenis pramuwisata, ada topik pembahasan dan kegiatannya

Pramuwisata, atau pemandu wisata, memiliki peran penting dalam industri pariwisata. Mereka bukan hanya memberikan informasi tentang tempat-tempat wisata, tetapi juga berperan sebagai penghubung antara destinasi wisata dan wisatawan. Tapi tahukah kamu ternyata sebagai seorang pramuwisata terbagi atas beberapa jenis yang didasarkan pada lingkup topik pembahasan dan kegiatan. Berikut adalah beberapa jenis pramuwisata bedasarkan profesi yang sering ditemui:

Pramuwisata Sejarah

Pramuwisata sejarah berfokus pada memberikan pengetahuan tentang aspek sejarah suatu tempat. Mereka dapat mengulas peristiwa bersejarah, bangunan-bangunan kuno, dan artefak bersejarah. Pramuwisata sejarah membantu wisatawan untuk lebih memahami warisan budaya dan sejarah suatu destinasi.

Pramuwisata Alam

Pemandu wisata alam mengkhususkan diri dalam menyampaikan informasi tentang kekayaan alam suatu daerah, seperti taman nasional, gunung, dan danau. Mereka membantu wisatawan memahami keanekaragaman hayati, ekologi, dan pentingnya menjaga lingkungan.

Pramuwisata Petualangan

Pramuwisata petualangan bekerja di destinasi yang menawarkan kegiatan ekstrem seperti hiking, menyelam, atau mendaki gunung. Mereka tidak hanya memberikan informasi keamanan, tetapi juga membimbing wisatawan dalam menjalani pengalaman petualangan dengan aman dan menyenangkan.

Pramuwisata Budaya

Jenis pramuwisata ini berfokus pada aspek budaya suatu destinasi. Mereka memberikan wawasan tentang tradisi, seni, dan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Pramuwisata budaya membantu mempertahankan dan mempromosikan warisan budaya suatu daerah. Tidak jarang kita temui pramuwisata budaya dan seni

Pramuwisata Kuliner

Pramuwisata kuliner membimbing wisatawan melalui kelezatan kuliner lokal. Mereka memberikan informasi tentang makanan tradisional, cara memasaknya, dan tempat-tempat kuliner yang populer di destinasi tersebut.

Pramuwisata Seni

Fokus pramuwisata seni adalah membawa wisatawan ke dunia seni lokal. Mereka menjelaskan tentang seniman setempat, galeri seni, dan karya seni yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Pramuwisata Religius

Pramuwisata ini mengarahkan perhatian pada tempat-tempat bersejarah dan suci, memberikan informasi tentang praktik keagamaan, dan merinci nilai-nilai spiritual yang dipegang oleh masyarakat setempat.

Pramuwisata Belanja

Pramuwisata belanja membantu wisatawan menjelajahi pasar lokal, toko suvenir, dan pusat perbelanjaan. Mereka memberikan informasi tentang produk lokal, kerajinan tangan, dan cara berbelanja yang bijak.

Selain itu terdapat juga beberapa jenis pramuwisata bedasarkan ruang lingkup kegiatannya, berikut beberapa yang sering ditemui :

Transfer Guide

Merupakan pramuwisata yang memiliki tugas untuk menjemput wisatawan di bandara, pelabuhan laut, stasiun atau terminal menuju ke hotel atau sebaliknya atau mengantar wisatawan dari satu hotel ke hotel lainnya.

Walking Guide/Tour Guide

Merupakan pramuwisata yang kegiatannya memandu wisatawan dalam suatu tour

Local/Expert Guide

Merupakan pramuwisata yang kegiatannya khusus memandu wisatawan pada suatu objek atau transaksi wisata tertentu, misalnya museum, wisata agro, river rafting, goa, gedung bersejarah, dan lain-lain

Common Guide

Merupakan pramuwisata yang dapat melakukan kegiatan baik transfer maupun tour

Driver Guide

Merupakan pengemudi yang sekaligus berperan sebagai Pramuwisata. Ia bertugas mengantarkan wisatawan ke objek atau atraksi wisata yang dikehendaki sekaligus memberikan informasi yang diperlukan. Tak jarang pula seseorang pramuwisata pengemudi ikut turun ke objek untuk memberikan penjelasan tentang objek tersebut jika tidak ada local guide. Kadang-kadang ia juga menemani wisatawan saat berbelanja atau makan. Jadi, pada dasarnya driver guide menjalankan dua fungsi, yakni sebagai pengemudi dan pramuwisata.

Setiap jenis pramuwisata memiliki peran uniknya sendiri dalam meningkatkan pengalaman wisatawan. Dengan memilih pramuwisata yang sesuai dengan minat dan preferensi, wisatawan dapat lebih memahami dan menikmati keindahan setiap destinasi yang mereka kunjungi. Dalam menjalankan tugasnya seorang pramuwisata memiliki kode etik dan kelebihan tersendiri loh. Baca ulasan artikel kami mengenai kode etik dalam pramuwisata disini. Dan untuk kelebihan yang dimiliki oleh seorang pramuwisata baca ulasannya disini.

Sebagai langkah awal untuk menambah level kompetensi anda dibidang pariwisata, LSPP Jana Dharma Indonesia mendukung profesi Anda dari proses perencanaan hingga eksekusi, memastikan karir Anda sebagai seorang pramuwisata bisa berkembang dan tetap relevan di masa depan.

Kami menyelenggarakan program sertifikasi untuk bidang-bidang profesi di industri pariwisata. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan sertifikasi profesi pariwisata di LSPP Jana Dharma Indonesia.

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761 (Ninda)
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas