fbpx

BERAPA LAMA PELATIHAN BNSP?

BERAPA LAMA PELATIHAN BNSP?

Setiap tenaga kerja sudah seharusnya mempunyai sertifikat kompetensi yang sesuai dengan keahliannya. Bukan tanpa alasan, dengan memiliki sertifikat kompetensi bisa saja menjadi nilai tambah bagi seseorang ketika mendaftar pekerjaan.

Salah satu jenis sertifikat resmi yang telah diakui di Indonesia adalah sertifikat yang berlogo BNSP. Sebelum mengetahui berapa lama pelatihan BNSP, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu BNSP?

Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP adalah lembaga independen dan berdiri sendiri yang dibuat oleh pemerintahan dan terdapat pada pasal 18 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Adanya BNSP adalah untuk menjamin kualitas dan mutu bagi para tenaga kerja di Indonesia diberbaga bidang profesi. BNSP merupakan satu-satunya lembaga independen yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan sertifikat kompetensi kerja. Output dari adanya sertifikat BNSP diharapkan mampu mencetak tenaga kerja yang memiliki kompetensi dibidang sesuai dengan keahliannya setelah diuji dan melewati serangkaian proses sertifikasi dan dinyatakan lulus serta komperen dari lembaga yang mengadakannya.

Berapa lama pelatihan BNSP? Waktu untuk program pelatihan BNSP adalah selama 4 hari. Hasil dokumen yang akan didapatkan setelah melakukan pelatihan adalah sertifikasi kompetensi sesuai dengan unit Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) yang diujikan. Sertifikat BNSP memiliki masa berlaku selama 3 tahun dan untuk memperpanjang masa berlakunya harus mengikuti sertifikasi ulang.

Setelah mendapatkan sertifikat kompetensi BNSP akan ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pemiliki sertifikat, diantaranya

  1. Meningkatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki.
  2. Mampu mengetahui tingkat kemampuan masing-masing.
  3. Membantu meningkatkan akses dalam mengembangkan diri.
  4. Menambah nilai plus bagi pemilik sertifikat ketika perusahaan merekrut calon karyawan yang berkompeten.
  5. Meningkatkan produktivtas kerja dan lebih bisa diandalkan.

 

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Diarsipkan di bawah: Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *