fbpx

Istilah-Istilah Penting dalam Teknik Bartending

Barista

Istilah-Istilah Penting dalam Teknik Bartending – Saat memasuki dunia bartender, penting untuk memahami istilah-istilah kunci yang akan membantumu menjadi seorang profesional yang handal. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa istilah yang penting untuk dikuasai oleh setiap calon bartender. Tapi ingat, untuk menjadi seorang bartender yang diakui secara resmi, pertimbangkan untuk mengikuti Sertifikasi Bartender di LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia!

Menguasai Seni Bartending

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami bahwa menjadi seorang bartender bukan hanya tentang menuangkan minuman ke dalam gelas. Ini adalah seni yang memerlukan pemahaman mendalam tentang berbagai teknik dan istilah yang terkait.

Shake atau Stir?

Salah satu pertanyaan paling mendasar yang harus dijawab oleh seorang bartender adalah apakah minuman harus dikocok atau diaduk. Keputusan ini bisa memengaruhi rasa dan tekstur minuman yang dihasilkan.

Jigger

Seorang bartender yang terampil harus mampu mengukur setiap bahan dengan tepat, dan itulah sebabnya jigger sangat penting. Ini adalah alat takar yang digunakan untuk mengukur jumlah cairan yang tepat untuk dicampur dalam minuman.

Membuat Garnish

Sebuah minuman yang baik tidak hanya tentang rasanya, tetapi juga tentang penampilannya. Inilah mengapa garnish memainkan peran penting dalam seni bartending.

Twist, Peel, atau Wedge?

Memilih jenis garnish yang tepat untuk minuman adalah keahlian tersendiri. Apakah itu twist dari kulit lemon, potongan buah yang indah, atau irisan tipis dari jeruk, garnish dapat membuat minuman terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

Menghasilkan Efek Visual dengan Layering

Layering adalah teknik di mana berbagai bahan dalam minuman diletakkan secara berurutan untuk menciptakan efek visual yang menarik. Ini adalah keterampilan yang membutuhkan ketelitian dan latihan yang terus menerus.

Float

Menambahkan lapisan terakhir dari minuman di atas dengan hati-hati adalah apa yang disebut dengan float. Ini adalah teknik yang memerlukan kehati-hatian dan presisi untuk menciptakan lapisan yang sempurna di atas minuman.

Baca juga: Strategi Efektif Customer Service dalam Menghadapi Kasus Scam

Ikuti Sertifikasi Bartender

Untuk terus mengasah keterampilanmu sebagai seorang bartender, sangat dianjurkan untuk bergabung dengan komunitas bartender yang aktif. Di sana, kamu dapat bertukar pengetahuan, belajar teknik baru, dan memperluas jaringan profesionalmu.

Dengan memahami istilah-istilah ini dan terus mengasah keterampilanmu, kamu dapat menjadi seorang bartender yang handal dan dihormati dalam industri. Jangan lupa, untuk pengakuan yang lebih luas, pertimbangkan untuk mengikuti Sertifikasi Bartender di LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia.

Untuk informasi dan pendaftaran, hubungi kami:

WhatsApp : (+62)82322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *