fbpx

Mengapa Sektor Pariwisata Menjadi Fokus Utama Perekonomian?

LSP JDI – Sektor pariwisata telah menjadi fokus utama dalam bidang ekonomi selama beberapa dekade terakhir. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, mulai dari kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi hingga dampaknya terhadap penciptaan lapangan kerja. Berikut ini alasan mengapa Sektor Pariwisata Menjadi Fokus Utama Perekonomian?

Mengapa Sektor Pariwisata Menjadi Fokus Utama Perekonomian?

Pariwisata adalah salah satu industri yang paling cepat tumbuh di dunia.

Pertama-tama, sektor pariwisata memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Pariwisata adalah salah satu industri yang paling cepat tumbuh di dunia. Menurut data dari World Travel and Tourism Council, sektor pariwisata memberikan kontribusi sekitar 10,4% terhadap PDB global pada tahun 2019. Selain itu, sektor ini juga merupakan sumber pendapatan utama bagi banyak negara di dunia, terutama negara-negara berkembang yang bergantung pada pariwisata sebagai penghasil devisa.

Sektor pariwisata memiliki dampak yang besar terhadap penciptaan lapangan kerja.

Kedua, sektor pariwisata memiliki dampak yang besar terhadap penciptaan lapangan kerja. Menurut Organisasi Pariwisata Dunia, sektor pariwisata menyediakan sekitar 1 dari 10 lapangan kerja di seluruh dunia. Di banyak negara, pariwisata adalah industri terbesar kedua setelah sektor pertanian. Seiring dengan pertumbuhan sektor pariwisata, lapangan kerja di sektor ini juga terus bertambah.

Sektor pariwisata memiliki efek multiplier yang besar pada perekonomian.

Ketiga, sektor pariwisata memiliki efek multiplier yang besar pada perekonomian. Pariwisata tidak hanya menciptakan lapangan kerja di sektor pariwisata itu sendiri, tetapi juga di sektor-sektor terkait seperti transportasi, makanan dan minuman, dan perhotelan. Dengan kata lain, pertumbuhan sektor pariwisata juga memacu pertumbuhan sektor-sektor lainnya di sekitarnya.

Namun, apa tantangannya?

Selain itu, sektor pariwisata juga rentan terhadap gejolak politik dan keamanan. Krisis politik atau bencana alam dapat mengurangi jumlah wisatawan yang mengunjungi suatu daerah, yang berdampak pada pendapatan lokal dan lapangan kerja di sektor pariwisata.

Secara keseluruhan, sektor pariwisata adalah industri yang sangat penting dalam perekonomian global saat ini. Namun, tantangan yang dihadapinya juga harus ditangani dengan serius untuk memastikan keberlanjutan sektor pariwisata di masa depan.

Perlunya Memiliki Sertifikasi Kompetensi!

Buat anda yang mendalami profesi dibidang pariwisata, sangat diperlukan untuk memiliki sertifikasi kompetensi yang mana dengan mengikuti uji kompetensi ini keahlianmu dapat diakui. LSP yang menyediakan sertifikasi sekaligus pelatihan adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonesia yang berfokus dalam bidang pariwisata yang beralamat di Yogyakarta. LSP JDI menyediakan berbagai jenis sertifikasi dan pelatihan yang bersinggungan dengan bidang pariwisata. Saat ini LSP JDI memiliki 34 skema yang telah dikelompokkan dan dapat diikuti.

Baca Juga: MANFAAT SERTIFIKASI BNSP

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas