Skema Pelayanan Pelanggan Bagi Customer Service

Skema Pelayanan Pelanggan Bagi Customer Service

Skema Pelayanan Pelanggan Bagi Customer Service

LSP JDI – Ketatnya persaingan bisnis akibat dari pertumbuhan ekonomi yang cepat membuat para pelaku ekonomi global untuk meningkatkan mutu pelayanan dan loyalitas pelanggan. Menjamurnya hotel-hotel baru membuat hotel-hotel lama semakin giat untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi memuaskan harapan pelanggan. Hotel merupakan suatu industri yang bergerak di bidang pelayanan jasa penginapan, dimana pelayanan sangat berperan penting untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Bidang perhotelan dan restoran menjalankan berbagai strategi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, Strategi yang telah dilakukan oleh pihak hotel dengan berbagai cara yaiyu menggiatkan promosi di media cetak serta media elektronik, menggelarkan promo-promo khusus terkait produk dan jasa yang ditawarkan pihak hotel untuk menarik pelanggan, meningkatkan servis dan pelayanan dengan cara melakukan sales call terhadap pelanggan sehingga terjadi hubungan yang harmonis dan komunikasi timbal balik antara keinginan pelanggan dengan pelayanan hotel, meminta kritik dan saran dalam bentuk kuisioner kepada pelanggan yang menggunakan jasa hotel, merenovasi fasilitas-fasilitas hotel demi kenyamanan pelanggan, serta mengadakan in house training untuk meningkat SDM.

Konsep utama pelayanan pelanggan adalah penciptaan nilai pelanggan yang bertujuan tidak hanya untuk memaksimalkan pendapatan melainkan keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing tidak hanya berdasarkan harga saja tetapi juga berdasarkan kemampuan provider untuk membantu pelanggan menghasilkan nilai untuk mereka sendiri dan untuk membina hubungan jangka panjang. Hubungan dengan pelanggan menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting. Bila dulu proses manajemen pelanggan lebih ditujukan kepada aktivitas promosi, maka sekarang perusahaan lebih menitikberatkan pada membina hubungan yang erat dengan pelanggan.

Dalam melakukan hubungan yang baik terhadap pelanggan peran utama dalam proses tersebut adalah seorang customer service yang melayani serta menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan tersebut yaitu dengan mengikuti Sertifikasi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) memperluas ruang lingkup skema baru dengan skema Pelayanan Pelanggan, yang dapat diikuti oleh SDM bidang pariwisata maupun SDM bidang umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas