fbpx

Unit Kompetensi Skema Sertifikasi Pengolahan Hidangan Indonesia

Unit Kompetensi Skema Sertifikasi Pengolahan Hidangan Indonesia

Unit Kompetensi Skema Sertifikasi Pengolahan Hidangan Indonesia

LSP JDI – Makanan Indonesia adalah susunan makanan yang terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayuran, sayur, sambal, sedap-sedapan dan minuman. Dilihat dari waktu penyajian makanan Indonesia sehari-hari dapat digolongkan menjadi makan pagi, makan siang, dan malam. Yang menjadi ciri khas masakan Indonesia adalah penggunaan banyak jenis bumbu dan rempah serta rasa yang kuat. Selain itu makanan Indonesia sering dinikmati bersama tambahan pelengkap sambal dan kerupuk (keripik).

Bahan makanan yang digunakan dalam pengolahan makanan Indonesia berbagai macam sesuai dengan potensi daerah masing-masing yang dibedakan menjadi bahan nabati dan hewani. Bahan makanan nabati diantaranya yaitu sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan umbu-umbian. Sedangkan bahan makanan hewani yang digunakan seperti daging (sapi, kambing, domba), unggas (ayam, bebek), telur, ikan dan hasil laut lainnya (udang, kerang, cumi-cumi). Sedangkan bumbu yang digunakan tiap daerah macam-macam sesuai dengan tradisinya.

Di Indonesia profesi chef terus berkembang, Perkembangan industri kuliner di Indonesia sangat bagus. Dalam beberapa tahun terakhir, Pertumbuhan pesat bisnis kuliner berkesempatan berkarier di dunia kuliner Indonesia sangat besar. Seorang chef tidak hanya mahir dalam membuat makanan tapi hal lain yang harus dikuasai seorang chef adalah membuat resep masakan, menentukan bahan-bahan masakan yang harus disediakan, menyajikan makanan yang enak serta layak untuk dibayar mahal. Chef juga harus bisa memasak sesuai dengan pesanan para pelanggan. Selalu mengawasi staf yang ada di dapur dalam hal penggunaan mesin dan fasilitas yang lainnya dengan tepat dan sesuai.

Program sertifikasi prefesi chef ini juga sejalan dengan jumlah tenaga chef di Indonesia yang belakangan meningkat.”Profesi ini semakin diminati karena didorong tumbuhnya industri kuliner di tanah air. Dengan mengikuti sertifikasi chef tersebut menunjukan bahwa kamu memang berkompeten pada bidang tersebut. Tentunya hal ini akan menjadi pertimbangan perusahaan nantinya apakah akan menerima kamu untuk posisi pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Unit Kompetensi Skema Sertifikasi Pengolahan Hidangan Indonesia. Bagi kalian sebagai chef atau mengeluti bidang kuliner khususnya hidangan khas Indonesia sangat diperlukan sertifikasi sebagai bukti keahlian (kompetensi). Sertifikasi tersebut dapat anda ikuti di Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonsia dengan skema Pengolahan Hidangan Indonesia. Sebelum mengikuti sertifikasi tersebut harus menguasai unit kompetensi yang akan di ujikan dalam sertifikasi tersebut, unit tersebut antara lain:

No. Kode Unit Judul Unit Kompetensi
1 I.55HDR00.149.02 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
2 I.55HDR00.151.02 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Di Tempat Kerja
3 I.55HDR00.056.02 Mengorganisir Operasional Masakan Dalam Jumlah Besar
4 I.55HDR00.124.02 Menyiapkan dan Membuat Kaldu dan Sup (Soto)
5 I.55HDR00.125.2 Menyiapkan dan Membuat Hidangan Kari

Daging, Ayam, Seafood dan Sayur-Sayuran

6 I.55HDR00.126.02 Menyiapkan dan Membuat Hidangan Nasi dan Mie Masakan Indonesia
7 I.55HDR00.127.02 Menyiapkan dan Membuat Sate/Jenis Makanan Panggang
8 I.55HDR00.128.02 Menyiapkan dan Membuat Hidangan Pengiring

 

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Bagi pelaku usaha jasaboga, jaminan kebersihan dan sanitasi merupakan syarat utama yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi jasaboga atau catering. Standar sanitasi menjadikan baca selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas