fbpx

Sertifikasi Perhotelan Departemen Housekeeping

Sertifikasi Perhotelan Departemen Housekeeping

Sertifikasi Perhotelan Departemen Housekeeping

LSP JDI Housekeeping terdiri dari dua kata yaitu “house”yang berarti rumah dan “keeping” yang berarti memelihara. Secara umum housekeeping adalah sebuah manajemen yang bertanggung jawab dalam mengurus kebutuhan rumah tangga. Misalnya memasak, membersihkan setiap sudut ruangan, mengurus tagihan dan berbelanja.

Housekeeping juga dapat disebut sebuah departemen operasional dalam suatu hotel ataupun apartemen yang mengurus segala kebutuhan hotel terkait dengan perawatan dan kebersihan hotel. Housekeeping yang bertugas pada departemen housekeeping.

Fungsi dari housekeeping itu sendiri sangat penting bagi pemilik hotel, kelancaran dan kebersihan masing-masing kamar ditentukan oleh petugas housekeeping oleh karenanya pihak hotel harus memperhatikan fasilitas yang mereka sediakan agar para pengunjung dapat menilai dengan baik. Agara memiliki tenaga yang kompeten di bidang housekeeping, perlu dilakukan sertifikasi oleh lembaga sertifikasi yang berpengalaman dalam menyediakan sertifikasi kompetensi BNSP.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia mampu memfasilitasi anda sebagai karyawan perhotelan yang memerlukan sertifikasi kompetensi housekeeping, kami adalah pilihan yang tepat untuk anda. Dalam bidang housekeeping kami mempunyai skema sertifikasi antara lain:

1. Skema Public Area Cleaner

Dibawah bimbingan kepala pengurus tata graha atau orang lain yang ditunjuk, untuk memastikan kelancaran dan efisiensi dari tempat umum di health club sesuai dengan hotel dan standart healt club. Bertanggung jawab untuk pemeliharaan, perawatan dan penampilan semua health club tempat umum.

2. Skema Room Attendant

Room attendant bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kenyamanan kamar tamu, mempersiapkan atau pembersihan kamar tamu baik kamar untuk EA, check out maupun occupaid. Biasanya room attendant diberi tugas berdasarkan jumlah kamar tertentu yang harus mereka bersihkan atau bisa juga berdasarkan section. Room attendant membersihkan kamar tamu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Selain itu bertanggungjawab untuk melaporkan setiap kerusakan, melayani permintaan atau keluhan tamu serta menjamin kerahasiaan dan keamanan semua kamar tamu.

3. Skema Laundry Attendant

Seorang petugas laundry bertanggungjawab untuk menerima dan menangani pakaian dari pelanggan, mencuci pakaian kotor, menyeterika, melipat dan mendistribusikan ke tujuan serta menjaga area kerja tetap bersih dan terorganisir. Memastikan bahwa semua pakaian dibawa dan dibersihkan dengan benar. Selanjutnya memastikan bahwa tamu atau pelanggan memiliki sprai dan handuk yang bersih.

 

WhatsApp : +62 81215017975 / +62 821-3723-1768
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

 

Sertifikasi Usaha Hotel adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha hotel untuk mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha hotel melalui baca selengkapnya…

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas