fbpx

Sertifikasi LSP Barista Siap Bersaing di ASEAN

Prosedur K3 Dalam Unit Kompetensi Skema Sertifikasi Barista

Sertifikasi LSP Barista Siap Bersaing di ASEAN

LSP JDI – Pekerja yang bersertifikat kompetensi dan profesional sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pekerja yang bersertifikat kompetensi dan profesional sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Peluang dan kesempatan besar para pencari kerja terbuka luas karena banyak tersedia lapangan kerja dengan kebutuhan keahlian yang beragam. Pada bidang kuliner, selama sektor pariwisata menjadi bagian dari strategi sebuah negara mempromosikan aset budaya, alam, keragaman, dan daya tarik khusus negara tersebut, maka pariwisata akan tetap memberi peluang kerja yang besar bagi para pencari kerja yang bergerak dalam bidang kuliner.

Pariwisata adalah salah satu sektor yang disebut-sebut sebagai sektor yang paling siap bersaing dalam hingar binger pasar bebas yang digagas negara-negara ASEAN melalui MEA. Menurut Soebagyo (2012) sektor pariwisata di anggap sebagai sektor yang selalu lebih tinggi diatas pertumbuhan ekonomi lainya di Indonesia. Diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) menuntut profesionalisme dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang kuliner.

Negara-negara anggota ASEAN sepakat untuk menyeragamkan standar kompetensi tenaga profesional di bidang pariwisata dengan menerapkan The ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (ASEAN MRA-TP). Dalam pernyataan berikut menuntut tenaga pariwisata Indonesia harus memenuhi kriteria standar kompetensi. Oleh sebab itu SDM di bidang pariwisata yang telah memiliki sertifikasi kompetensi dapat bekerja di negara-negara se-ASEAN.

Tak terkecuali untuk para barista yang sudah bersaing di tingkat nasional maupun internasional dengan bekal sertifikasi kompetensi tentunya SDM tersebut mampu menghadapi tantangan tersebut. Sertifikasi kompetensi bisa didapatkan di Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonesia dengan Skema Barista yang sudah berlisensi BNSP yang sesuai dengan SKKNI. Sertifikasi LSP Barista Siap Bersaing di ASEAN

WhatsApp : +62 81215017975 / +62 821-3723-1768
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Prsyaratan Sertifikasi Usaha Bar mengacu pada Permenparekraf No. 4 Tahun 2021 baca selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas