fbpx

Profesional Chef dengan Sertifikasi Kompetensi

Profesional Chef dengan Sertifikasi Kompetensi

Profesional Chef dengan Sertifikasi Kompetensi

LSP JDI – Memasak adalah pekerjaan yang disukai banyak orang saat ini, oleh sebab itu banyak yang mencoba untuk bisa handal dalam bidang kuliner khususnya profesi chef. Walau sebenarnya tidak diperlukan gelar khusus untuk menentukan apakah orang dapat menjadi chef, berbagai cara untuk menjadi chef yang professional dapat ditempuh dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui pendidikan formal, ini adalah menjadi satu hal yang harus dipertimbangkan. Menempuh pendidikan formal, seperti jurusan tata boga dapat memberi kamu bekal. Jurusan ini memang tak sekadar mengajarkan tentang masakan, tapi juga tentang manajemen dapur. Menu-menu masakan yang diajarkan di jurusan ini juga sangat beragam dan dapat memperkaya pengetahuanmu soal makanan dan hal-hal di sekitar makanan.

Untuk menjadi seorang chef harus melalui jenjang karir sampai menjadi chef professional. Ada beberapa jenjang karir yang harus ditempuh antara lain:

  • Menjadi Executive Chef
    Executive Chef berperan di ranah manajerial seluruh dapur, seperti manajemen bahan dasar, alat memasak, sumber daya manusia, bisnis, termasuk mengurusi berbagai cabang yang dimiliki restorannya. Executive chef memegang penuh wewenang dalam menjaga stabilitas semua pekerjaan dan tugas dapat berjalan semestinya, sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan oleh hotel atau perusahaan tersebut.
  • Kepala Chef
    Chef kepala bertanggung jawab terhadap segala hal yang terjadi di dapur, mulai dari mengurus koki-koki di bawahnya, menentukan resep, dan yang lain. Profesi ini berbeda dengan Executive chef kepala chef hanya bertanggungjawab pada sebuah cabang restoran saja.
  • Sous Chef
    Dikenal juga dengan sebutan second chef. Sous chef adalah tangan kanan chef kepala. Jika chef kepala dipanggil dengan sebutan chef, sous chef dipanggil langsung dengan namanya saja. Dapur-dapur kecil biasanya tidak mempunyai sous chef sedangkan dapur-dapur besar biasa memiliki sous chef lebih dari satu.

Untuk menunjang menjadi chef professional selain menempuh jenjang karir tersebut hal lainyang adalah menigikuti sertifikasi kompetensi pada skema Demi Chef. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia seorang chef dapat melakukan sertifikasi dengan skema Demi Chef. Harapannya SDM mendapatkan pengakuan kompetensi yang dimilikinya yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman kerja serta memenuhi peraturan tentang sertifikasi kompetensi SDM pada sektor pariwisata.

Profesional Chef dengan Sertifikasi Kompetensi

Contact Us
WhatsApp : +62 81215017975 / +62 821-3723-1768
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

 

Baca Juga : Sertifikasi Catering..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas