fbpx

Pramuwisata Harus Bersetifikasi Kompetensi BNSP

Pramuwisata Harus Bersetifikasi Kompetensi BNSP

LSP JDI – Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan dalam meningkatkan pendapatan daerah maupun negara. Di Indonesia memiliki potensi dan prodek wisata yang unik dan beraneka ragam. Suatu daerah sebagai destinasi wisata haruslah mempunyai seorang pemandu wisata untuk memandu wisatawan yang akan berwisata di tempat tersebut.

Dalam suatu perjalanan wisata selain adanya objek wisata yang menjadi tujuan perlu adanya tenaga pemandu perjalanan wisata yang kita sebut pramuwisata dimana kedudukan pramuwisata ini adalah sebagai ujung tombak yang menentukan keberhasilan seluruh rangkaian pelayanan perjalanan wisata. Oleh karena itu peranan seorang pramuwisata sangat penting terutama dalam rangka memperkenalkan kepada wisatawan tentang objek dan daya tarik wisata yang mereka kunjungi.

Pramuwisata adalah seseorang yang dibayar untuk menemani wisatawan dalam perjalanan mengunjungi, melihat serta menyaksikan objek dan atraksi wisata Sedangkan dari sudut pandang wisatawan pramuwisata adalah seseorang yang bekerja pada suatu biro perjalanan atau suatu kantor pariwisata (Tourism Office) yang bertugas memberikan informasi, petunjuk dan advis secara langsungkepada wisatawan sebelum dan selama perjalanan berlangsung. Tugas seorang pramuwisata memiliki tugas yang cukup berat dalam rangka memberikan pelayanan dan informasi kepada wisatawan. Pramuwisata dituntut memiliki wawasan yang luas dan memiliki keterampilan yang menunjang tugas-tugasnya.

Seorang pramuwisata untuk menunjang pekerjaannya haruslah mengikuti sertifikasi sebagai legalitas sebagai seorang pramuwisata yaitu mengikuti sertifikasi yang berlisensi BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi yang ada di Indonesia.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia, seorang SDM pariwisata khusunya seorang tour leader dapat mengikuti sertifikasi dengan skema Pramuwisata Sertifikasi tersebut bias diikuti tidak hanya SDM pariwisata atau masyarakat umum yang ingin mengembangkan potensinya dibidang kepemanduan pariwisata selain skema Pramuwisata ada juga skema dibidang kepemanduan wisata yaitu skema kepemanduan outbound, skema kepemanduan museum, skema pemandu ekowisata.

Contact Us
WhatsApp : 082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Sertifikasi Usaha Hotel adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha hotel untuk mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha hotel melalui baca selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *