fbpx

Pentingnya Menjaga Cagar Budaya oleh Seorang Pemandu Museum

Pentingnya Menjaga Cagar Budaya oleh Seorang Pemandu Museum

Pentingnya Menjaga Cagar Budaya oleh Seorang Pemandu Museum

LSP JDI – Museum merupakan situs cagar budaya. Dalam museum terdapat benda” arkeologi yang tidak ternilai harganya. Benda-benda yang ada di dalam museum hanya sekali dibuat pada peristiwa di masa lalu. Benda-benda tersebut juga memiliki sifat tidak bisa diulang. Oleh sebab itu, pariwisata berbasis cagar budaya yang meliputi museum, pameran, wisata budaya, peninggalan bersejarah harus dijaga kelestariannya.

Salah satu aset budaya yang menjadi daya tarik wisata adalah museum. Museum sebagai produk budaya dan wisata yang merupakan salah satu atraksi wisata sejarah dan budaya. Museum tidak hanya memamerkan benda peninggalan sejarah, melainkan juga sarana edukasi bagi pengunjung melalui bentuk interprestasi dan program khusus yang menggambarkan keberadaan museum.

Salah satu komponen dalam museum yang tidak bisa terlepas adalah peran dari pemandu museum yang mempunyai tugas untuk merawat, menjaga dan menyampaikan informasi yang penting kepada pengunjung museum. Seorang Pemandu sebagai representasi dari tempat ia melakukan tugasnya. Oleh karena itu pemandu hendaknya dapat memberikan informasi dengan benar mengenai segala aspek dalam museum tersebut.

Untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya tentunya seorang pemandu museum harus mengikuti sertifikasi sebagai bukti legalitas serta, meningkatkan mutu dan kualitas SDM pariwisata khususnya Pemandu museum. LSP Jana Dharma Indonesia hadir dengan skema Pemandu Museum.

Pentingnya Menjaga Cagar Budaya oleh Seorang Pemandu Museum

Contact Us
WhatsApp : 082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas