fbpx

Pentingnya Mendapatkan Akreditasi dan Bagaimana Memulai Prosesnya

Dalam industri kopi yang kompetitif, mendapatkan akreditasi sebagai barista dapat memberikan keuntungan yang signifikan. Akreditasi menunjukkan bahwa Anda telah menguasai keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi seorang barista profesional. Dalam artikel ini, kami akan membahas pentingnya mendapatkan akreditasi dan langkah-langkah awal yang dapat Anda ambil untuk memulai proses akreditasi sebagai seorang barista.

  1. Pentingnya Mendapatkan Akreditasi

Mendapatkan akreditasi sebagai barista memiliki beberapa manfaat yang penting:

a. Validasi Keterampilan: Akreditasi menunjukkan kepada calon pemberi kerja atau pelanggan bahwa Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi barista yang terlatih dan kompeten.

b. Peningkatan Kepercayaan Diri: Dengan memiliki akreditasi, Anda akan merasa lebih percaya diri dalam kemampuan Anda sebagai barista. Ini dapat meningkatkan performa Anda di tempat kerja dan membantu Anda tampil lebih baik dalam situasi yang menantang.

c. Peluang Karir yang Lebih Baik: Banyak tempat kerja di industri kopi mengharapkan barista memiliki akreditasi sebagai syarat masuk. Dengan akreditasi, Anda akan memiliki akses ke peluang karir yang lebih baik dan dapat bersaing di pasar kerja.

d. Standar Profesionalisme: Akreditasi menegaskan komitmen Anda terhadap standar profesionalisme dalam pekerjaan Anda. Ini membantu meningkatkan citra industri kopi secara keseluruhan dan mengangkat martabat profesi barista.

  1. Memilih Organisasi Akreditasi yang Tepat

Langkah pertama dalam proses akreditasi adalah memilih organisasi akreditasi yang tepat. Ada beberapa organisasi dan lembaga yang menawarkan program sertifikasi dan akreditasi untuk barista. Beberapa organisasi terkemuka di bidang ini termasuk Specialty Coffee Association (SCA), Barista Guild, dan National Coffee Association (NCA).

Teliti setiap organisasi dan program akreditasi yang mereka tawarkan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti reputasi, kurikulum, biaya, dan pengakuan industri. Pilihlah organisasi yang paling sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda sebagai seorang barista.

  1. Mengikuti Pelatihan dan Ujian

Setelah Anda memilih organisasi akreditasi, langkah selanjutnya adalah mengikuti pelatihan yang diperlukan dan mempersiapkan diri untuk ujian. Program akreditasi biasanya melibatkan kombinasi pelatihan teoritis dan praktis, yang mencakup pengetahuan tentang biji kopi, teknik penyeduhan, latte art, etika kerja, dan lain-lain.

Ikuti pelatihan dengan tekun dan praktikkan keterampilan yang Anda pelajari secara teratur. Pastikan Anda memahami materi dengan baik dan siap menghadapi ujian akhir. Beberapa organisasi juga menawarkan ujian praktik yang memerlukan demonstrasi langsung dari keterampilan barista Anda.

  1. Mendapatkan Sertifikat dan Melanjutkan Pengembangan Diri

Setelah Anda berhasil melewati ujian akhir, Anda akan diberikan sertifikat atau akreditasi sebagai barista yang diakui oleh organisasi yang bersangkutan. Sertifikat ini merupakan pengakuan resmi atas keterampilan dan pengetahuan Anda sebagai barista.

Namun, penting untuk diingat bahwa sertifikat hanyalah awal dari perjalanan Anda sebagai seorang barista. Teruslah mengembangkan diri Anda dengan mengikuti pelatihan lanjutan, mengikuti kompetisi, membaca literatur kopi, dan berinteraksi dengan barista lainnya. Dengan tetap belajar dan mengasah keterampilan Anda, Anda akan terus meningkatkan diri dan menjadi barista yang lebih baik.

Kesimpulan

Mendapatkan akreditasi sebagai barista merupakan langkah penting dalam membangun karir yang sukses dan profesional di industri kopi. Ini menunjukkan keterampilan Anda, meningkatkan kepercayaan diri, membuka peluang karir, dan memperkuat standar profesionalisme. Dengan memilih organisasi akreditasi yang tepat, mengikuti pelatihan dan ujian, serta terus mengembangkan diri, Anda akan menjadi barista yang terampil dan dihormati.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2023
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2023
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2023
Batch 4 Mulai 7-8 April 2023
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2023
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2023
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2023
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2023
Batch 9 Mulai 1-2 September 2023
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2023
Batch 11 Mulai 10-11 November 2023
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2023

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas