fbpx

Pengembangan SDM dengan Sertifikasi Customer Service

Pengembangan SDM dengan Sertifikasi Customer Service

Pengembangan SDM dengan Sertifikasi Customer Service

LSP JDI – Pengembangan sumber daya manusia memiliki pengertian sebagai kegiatan perusahaan atau organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dari SDM nya dalam kurun waktu tertentu. Pengembangan SDM termasuk rangkaian kegiatan organisasi atau institusi yang dilaksanakan dalam interval waktu tertentu dan didesai untuk melahirkan perubahan sikap mental dan keahlian karyawan sehingga mereka mampu menyelesaikan penugasan yang berhubungan denagn peran dan tanggungjawab. Pengembangan tersebut juga salah satu cara dalam menghadapi tantangan yang berkaitan dengan dinamika persoalan sumber daya manusia seperti karyawan yang kompetensinya terbatas

Sumber Daya Manusia sebagai karir merupakan sebuah potensi untuk memberikan pengaruh yang sangat besar pada seseorang, organisasi, konsumen, pemegang saham, dan juga sebuah komunitas. Sama halnya dengan negara-negara berkembang lainnya seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Singapura, mereka memiliki asosiasi profesional SDM dalam hal mengembangkan penilaian sertifikasi SDM (berdasarkan kredensial, ujian, dan pengalaman) untuk menentukan dan meningkatkan standar SDM masing-masing peserta.

Di Indonesia pun sama, seluruh praktisi SDM di Indonesia harus sudah memeiliki sertifikasi kompetensi SDM yang ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada Juli 2019 yang lalu, yaitu Sertifikasi Kompetensi Wajib Jabatan Manajemen Sumber Daya Manusia. Sertifikasi kompetensi SDM yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) banyak dijadikan acuan oleh berbagai industri di Indonesia. Bahkan, kredibilitasnya juga diakui di tingkat regional se-Asia Tenggara.

Oleh karena itu seorang SDM bidang pelayanan pelanggan khususnya seorang Customer Service harus mengikuti sertifikasi kompetensi untuk meningkatkan pengetahuan yang akan memungkinkan menjadi lebih kompeten dan efektif dalam bekerja. Sehingga, kemampuan SDM tersebut nantinya akan lebih berkembang dan berdampak positif pada hasil dari suatu pekerjaan dimanapun kamu bekerja nantinya.

Untuk meningkatkan kinerja seorang customer service. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia memperluas lingkup skema dengan skema baru diantaranya adalah skema Pelayanan Pelanggan yang focus untuk bidang pariwisata dan bisa juga diikuti oleh masyarakat umum yang akan meningkatkan kompetensinya dibidang pelayanan terhadap pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas