fbpx

Panduan Langkah-demi-Langkah untuk Menguasai Teknik Espresso yang Sempurna

Menguasai teknik penyeduhan espresso yang sempurna adalah hal penting bagi seorang barista. Espresso merupakan dasar dari banyak minuman kopi, dan hasil penyeduhan yang baik akan menghasilkan minuman dengan cita rasa yang kaya, tekstur yang halus, dan crema yang indah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah-demi-langkah untuk membantu Anda menguasai teknik espresso yang sempurna.

  1. Persiapkan Perangkat dan Bahan

Pastikan Anda memiliki semua perangkat yang diperlukan untuk menyeduh espresso, termasuk mesin espresso yang baik, penggiling kopi, timbangan, tamper, cangkir espresso, dan lain-lain. Selain itu, pastikan biji kopi yang Anda gunakan berkualitas tinggi dan segar. Setiap perangkat dan bahan yang digunakan harus dalam kondisi yang baik dan bersih.

  1. Pemanasan Mesin Espresso

Sebelum Anda mulai menyeduh espresso, panaskan mesin espresso Anda dengan baik. Biarkan mesin mencapai suhu yang tepat sesuai dengan petunjuk produsen. Pemanasan yang tepat akan memastikan stabilitas suhu selama proses penyeduhan dan menghasilkan ekstraksi yang konsisten.

  1. Menggiling Biji Kopi

Giling biji kopi sesuai dengan kebutuhan penyeduhan espresso. Penggilingan yang tepat adalah kunci untuk mencapai ekstraksi yang optimal. Pilihlah ukuran gilingan yang sesuai dengan mesin espresso Anda, biasanya berupa gilingan yang halus dan seragam. Gunakan timbangan untuk mengukur jumlah biji kopi yang tepat.

  1. Distribusi dan Leveling Biji Kopi

Setelah menggiling biji kopi, distribusikan dengan merata di dalam portafilter. Gunakan jari Anda atau alat leveling untuk meratakan permukaan gilingan. Hal ini penting agar air dapat mengalir dengan merata melalui beda gilingan, menghasilkan ekstraksi yang konsisten di seluruh puck kopi.

  1. Tamper dengan Tekanan yang Konsisten

Setelah gilingan didistribusikan dengan baik, tempatkan portafilter di bawah tamper dan tekan dengan tekanan yang konsisten. Pastikan tekanan yang Anda gunakan tidak terlalu kuat atau terlalu lemah. Tekanan yang tepat akan membentuk puck kopi yang padat dan merata, memastikan ekstraksi yang baik.

  1. Ekstraksi yang Optimal

Pasang portafilter yang sudah ditampert ke dalam mesin espresso dan mulai ekstraksi. Waktu ekstraksi yang ideal adalah sekitar 25-30 detik, dengan aliran espresso yang lambat dan stabil. Perhatikan warna dan tekstur crema yang dihasilkan. Crema yang sempurna memiliki warna kemerahan kecokelatan, tebal, dan berkepala konsisten.

  1. Evaluasi Rasa dan Penyesuaian

Setelah ekstraksi selesai, evaluasi rasa espresso yang dihasilkan. Perhatikan keasaman, kekentalan, rasa, dan aftertaste. Jika espresso terlalu asam, coba menggiling biji kopi lebih halus atau menyesuaikan waktu ekstraksi. Jika terlalu pahit, coba menggiling lebih kasar atau menyesuaikan waktu ekstraksi. Teruslah mencoba dan menyesuaikan hingga Anda mencapai cita rasa yang diinginkan.

  1. Perawatan dan Pembersihan

Setelah menyeduh espresso, jangan lupa merawat dan membersihkan perangkat Anda dengan baik. Bersihkan portafilter, shower screen, dan grup head secara teratur. Lakukan backflushing untuk membersihkan saluran air pada mesin espresso. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan perangkat dan kualitas penyeduhan yang konsisten.

Kesimpulan

Menguasai teknik penyeduhan espresso yang sempurna membutuhkan latihan dan ketelitian. Dengan mengikuti panduan langkah-demi-langkah di atas, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dalam menyeduh espresso yang berkualitas tinggi. Ingatlah untuk terus mencoba dan menyesuaikan agar Anda dapat menemukan kombinasi biji kopi, penggilingan, dan waktu ekstraksi yang menghasilkan cita rasa yang optimal. Dengan dedikasi dan latihan yang konsisten, Anda akan menjadi seorang barista yang mahir dalam menyeduh espresso yang sempurna.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2023
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2023
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2023
Batch 4 Mulai 7-8 April 2023
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2023
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2023
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2023
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2023
Batch 9 Mulai 1-2 September 2023
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2023
Batch 11 Mulai 10-11 November 2023
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2023

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas