fbpx

Menggali Sejarah Profesi Baker

Menggali Sejarah Profesi Baker – Profesi baker, yang terkait erat dengan pembuatan roti, memiliki sejarah panjang yang melibatkan perkembangan teknik dan budaya dari zaman kuno hingga saat ini. Dalam artikel ini, kita akan menggali sejarah profesi baker, melihat asal-usulnya, peran mereka dalam masyarakat, dan bagaimana profesi ini berkembang seiring berjalannya waktu.

  1. Zaman Kuno: Profesi baker memiliki akar yang kuat dalam sejarah kuno. Mesopotamia, yang sekarang menjadi wilayah Irak, dikenal sebagai salah satu tempat kelahiran industri roti. Di sini, para baker menggunakan oven tanah liat untuk memanggang roti datar yang sederhana. Praktik ini kemudian menyebar ke Mesir, Yunani, dan Romawi kuno.
  2. Peran Budaya dan Keagamaan: Sejak awal, roti telah menjadi bagian penting dari budaya dan keagamaan. Dalam banyak budaya, roti dianggap sebagai makanan yang sakral dan memiliki makna simbolis. Para baker tidak hanya menciptakan roti untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga untuk upacara keagamaan, perayaan, dan peristiwa sosial.
  3. Perkembangan Teknik dan Penemuan Baru: Selama berabad-abad, para baker mengembangkan teknik-teknik baru dalam pembuatan roti. Misalnya, pada abad pertengahan, teknik penggunaan ragi yang diwariskan dari budaya Timur Tengah memungkinkan produksi roti yang lebih besar dan lebih konsisten. Kemudian, penemuan oven tipe bongkahan batu pada abad ke-18 memungkinkan pemanggangan yang lebih efisien dan merata.
  4. Sistem Keguildan dan Pembentukan Serikat Baker: Di berbagai negara, serikat baker atau keguildan baker dibentuk untuk melindungi kepentingan para baker dan menjaga standar kualitas roti. Serikat baker memainkan peran penting dalam mengatur persaingan, menetapkan harga, dan memberikan pelatihan dan pendidikan kepada baker. Beberapa serikat baker ini masih ada hingga saat ini.
  5. Perkembangan Industri Roti Modern: Dalam era industrialisasi, industri roti mengalami perubahan yang signifikan. Penggunaan mesin dan teknologi modern memungkinkan produksi roti dalam skala besar. Pabrik roti modern menggantikan banyak pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual oleh para baker. Namun, baker artisanal atau tradisional tetap ada dan mementingkan kualitas dan keahlian dalam pembuatan roti.
  6. Pencapaian Baru dalam Pembuatan Roti: Dalam beberapa dekade terakhir, baker terus mencapai pencapaian baru dalam industri roti. Mereka menggabungkan resep tradisional dengan sentuhan modern, menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, dan menciptakan roti dengan rasa dan tekstur yang inovatif. Roti sourdough, roti gluten-free, dan roti dengan bahan organik semakin populer dan berkembang pesat.

Kesimpulan: Profesi baker memiliki sejarah panjang yang kaya dan telah berkembang seiring berjalannya waktu. Dari zaman kuno hingga industri roti modern, para baker telah memainkan peran penting dalam menciptakan roti yang lezat dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan tren, profesi baker terus beradaptasi dan mencapai pencapaian baru dalam dunia pembuatan roti.

Jika anda ingin menjadi seorang baker bisa mengikuti Sertifikasi Kompetensi yang dapat dikuti di LSP Jana Dharma Indonesia yaitu dengan judul skema Baker selain itu di LSP Jana Dharma Indonesia ini mempunyai 34 skema sertifikasi bidang pariwisata lainnya.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Baker Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2023
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2023
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2023
Batch 4 Mulai 7-8 April 2023
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2023
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2023
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2023
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2023
Batch 9 Mulai 1-2 September 2023
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2023
Batch 11 Mulai 10-11 November 2023
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2023

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas