fbpx

Mengenal dan Mendapatkan Sertifikasi Barista BNSP

Mengenal dan Mendapatkan Sertifikasi Barista BNSP – Di dunia kopi yang semakin berkembang pesat, menjadi seorang barista yang terampil dan berkualitas merupakan langkah penting untuk memasuki industri kopi yang kompetitif. Untuk menguasai seni pembuatan kopi dan menjalankan mesin espresso dengan mahir, banyak orang memilih untuk mengikuti program sertifikasi barista. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu sertifikasi barista, manfaatnya, dan langkah-langkah untuk mendapatkannya.

Apa itu Sertifikasi Barista?

Sertifikasi barista adalah pengakuan resmi atas keterampilan dan pengetahuan seorang barista dalam mengolah kopi. Program sertifikasi ini dirancang untuk memberikan pendidikan dan pelatihan dalam berbagai aspek kopi, termasuk pemahaman tentang biji kopi, teknik pemanggangan, penggilingan biji kopi, ekstraksi espresso, latte art, dan manajemen kualitas. Sertifikasi barista sering kali diakui secara internasional dan diberikan oleh organisasi atau badan resmi yang diakui dalam industri kopi.

Manfaat Sertifikasi Barista

  1. Pengetahuan Mendalam: Program sertifikasi barista memberikan pengetahuan mendalam tentang kopi, termasuk sejarahnya, jenis-jenis biji kopi, proses pemanggangan, teknik ekstraksi, dan lainnya. Dengan memahami aspek-aspek ini, seorang barista dapat menjadi ahli dalam menghasilkan kopi berkualitas tinggi.
  2. Keterampilan Praktis: Sertifikasi barista juga melibatkan pelatihan praktis dalam penggunaan mesin espresso, teknik pemanggangan, penggilingan biji kopi, dan latte art. Ini membantu barista menguasai keterampilan teknis yang diperlukan untuk menghasilkan kopi dengan cita rasa yang sempurna dan presentasi visual yang menarik.
  3. Kepercayaan Diri: Dengan sertifikasi barista, seorang barista dapat mengembangkan kepercayaan diri yang kuat dalam menghadapi tantangan sehari-hari di lingkungan kerja kopi. Mereka tahu bahwa mereka telah melewati pelatihan intensif dan mendapatkan pengakuan resmi atas keterampilan mereka.
  4. Peluang Karir: Sertifikasi barista dapat membuka pintu peluang karir yang lebih luas dalam industri kopi. Baik itu bekerja di kedai kopi terkenal, restoran mewah, atau membuka usaha sendiri, sertifikasi barista memberikan keunggulan kompetitif yang meningkatkan prospek pekerjaan.

Langkah-langkah Mendapatkan Sertifikasi Barista

  1. Cari lembaga sertifikasi: Mulailah dengan mencari lembaga sertifikasi barista yang diakui secara luas. Beberapa organisasi terkenal yang menawarkan sertifikasi barista termasuk Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata bidang Pariwisata
  2. Pilih level sertifikasi: Banyak lembaga sertifikasi menawarkan level-level sertifikasi yang berbeda, mulai dari pemula hingga tingkat lanjutan. Pilih level yang sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan Anda.
  3. Daftar dan ikuti program pelatihan: Daftarlah untuk program pelatihan sertifikasi barista yang ditawarkan oleh lembaga yang dipilih. Pelatihan ini biasanya mencakup modul teori dan praktik yang komprehensif.
  4. Pelajari dan praktikkan: Selama program pelatihan, pelajari dengan serius materi-materi yang diajarkan dan lakukan praktik secara intensif untuk mengasah keterampilan Anda dalam mengolah kopi.
  5. Ikuti ujian sertifikasi: Setelah menyelesaikan program pelatihan, ikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi. Ujian ini biasanya melibatkan komponen teori, praktik, dan evaluasi sensorik.
  6. Dapatkan sertifikat: Jika Anda berhasil melewati ujian sertifikasi, Anda akan diberikan sertifikat yang mengakui keterampilan dan pengetahuan Anda sebagai barista yang terlatih.

Kesimpulan

Sertifikasi barista adalah langkah penting bagi mereka yang ingin membangun karir dalam industri kopi. Dengan mengikuti program sertifikasi, seorang barista dapat mengembangkan pengetahuan mendalam, keterampilan praktis, dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Sertifikasi barista juga membuka peluang karir yang lebih luas dan meningkatkan prospek pekerjaan dalam industri kopi yang kompetitif. Jadi, jika Anda ingin menjadi seorang barista yang profesional, pertimbangkan untuk memperoleh sertifikasi barista yang diakui secara internasional.

Bagi anda yang berminat mengikuti sertifikasi Barista anda dapat mengikuti di LSP Jana Dharma Indonesia dengan skema Barista, LSP Jana Dharma Indonesia selain barista mempunyai 34 skema lainya bidang pariwisata

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000 pelaksanaan di Yogyakarta

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2023
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2023
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2023
Batch 4 Mulai 7-8 April 2023
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2023
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2023
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2023
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2023
Batch 9 Mulai 1-2 September 2023
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2023
Batch 11 Mulai 10-11 November 2023
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2023

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Mengenal dan Mendapatkan Sertifikasi Barista BNSP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas