fbpx

Menciptakan Service Excellence Yang Sukses

Daftar Isi

LSP JDI Bagaimana cara menciptakan service excellent yang sukses? Ini membutuhkan pembelajaran langkah demi langkah dan perusahaan membutuhkan serangkaian trial and error sebelum mereka menemukan layanan prima atau yang disebut standar yang akan digunakan dalam implementasi akhir perusahaan. Namun jangan khawatir, berikut lima tips ampuh yang bisa Anda coba untuk memberikan layanan pelanggan terbaik. Berikut ini adalah tips cara menciptakan service excellence yang sukses:

1. Kenali Jenis dan Kebutuhan Konsumen

Tips pertama adalah kenali tipe konsumen dengan baik. Tentu tidak semua konsumen menyukai hal yang sama, namun tetap ada kecenderungan dasar dan kebutuhan atau kebiasaan. Oleh karena itu, semua konsumen harus diperlakukan sesuai dengan sifat dan misinya sebagaimana mestinya.

2. Ramah dan pandai

Sikap ramah sangat penting dalam hal pelayanan. Ada banyak contoh keramahan karyawan kepada pelanggan, seperti menyapa, tersenyum, meminta maaf, menawarkan, dll. Anda juga harus menawarkan layanan yang cepat agar konsumen tidak membuang waktu untuk mendapatkan layanan.

3. Dengarkan dan tanggapi keluhan dengan baik

Konsumen dapat mengeluhkan kualitas produk dan layanan yang diterima. Jika ini terjadi, dengarkan dulu dan terima semua keluhan. Maka cobalah tidak hanya yang terbaik, tetapi juga yang tercepat.

4. Fokus pada layanan

Cobalah untuk fokus pada layanan yang Anda tawarkan sebelum melakukan hal lain. Misalnya, ketika pelanggan A ditawari layanan, pelanggan B datang. Selesaikan masalah pelanggan pertama sebelum mengatasi kebutuhan pelanggan berikutnya. Perusahaan harus berspesialisasi dalam menghadapi konsumen.

5. Hormati keputusan klien

Pada akhirnya keputusan pembelian ada di tangan konsumen. Jika diputuskan konsumen boleh meninggalkan produk, hilangkan amarah dan tunjukkan sikap yang menunjukkan bahwa Anda menghargai keputusan konsumen.

Menciptakan Service Excellence Yang Sukses

Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI) merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang melaksanakan pengembangan standar kompetensi, sertifikasi kompetensi pada suatu bidang profesi dan memiliki tanggung jawab teknis dan administratif atas implementasi, pembinaan dan pengembangan standar kompetensi profesi tenaga kerja di bidangnya.

Cara Memperoleh Sertifikasi Kompetensi

Cara untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi adalah dengan mengikuti uji kompetensi. LSP yang menyediakan sertifikasi sekaligus pelatihan adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonesia yang berfokus dalam bidang pariwisata yang beralamat di Yogyakarta. LSP JDI menyediakan berbagai jenis sertifikasi dan pelatihan yang bersinggungan dengan bidang pariwisata. Saat ini LSP JDI memiliki 34 skema yang telah dikelompokkan dan dapat diikuti.

Baca artikel terkait sertifikasi service excellence disini…

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas