fbpx

Matering Hotel Financials

Tiga Kompetensi Wajib SDM MICE

Sertifikasi Skema Accounting Perhotelan BNSP

LSP JDI – Industri hospitality memiliki keunikan tersendiri di setiap pekerjaannya dan menarik untuk ditelaah, termasuk salah satunya adalah divisi Accounting di perhotelan. Transaksi di sebuah hotel termasuk yang kompleks, karena perhotelan memiliki keunikan pelaporan akuntansi tersendiri. Dikatakan unik karena akuntansi di hotel ini merupakan perpaduan akuntansi “jasa” dengan “akuntansi” manufaktur. Pencatatan berdasarkan metode akuntansi jasa digunakan untuk mencatat transaksi yang berkaitan dengan jasa seperti misalnya pembayaran pelayanan kamar, penghitungan service charge, dan lain-lain.

Metode akuntansi manufaktur digunakan untuk menghitung harga jual sebuah menu yang dibuat oleh F&B. Wajar jika di departemen accounting memiliki staff yang lebih banyak daripada staff marketing jika ditinjau dari jumlah staff yang ada pada back office sehingga di divisi accounting ini dipecah menjadi 2 sub divisi yaitu Finance dan Logistik.

Sistem Akuntansi Hospitaliti adalah suatu bentuk pelaporan keuangan atau pencatatan semua jurnal transaksi baik transaksi harian maupun suatu periode tertentu, ditujukan sebagai bahan bimbingan dalam penyusunan dan penyajian data keuangan dan sebagai panduan yang mencakup dasar-dasar akuntansi keuangan seperti pada sistem akuntansi pada umumnya. Sistem Akuntansi Perhotelan juga sebagai alat yang menyediakan sarana yang lebih akurat dan mudah untuk dimengerti dalam menganalisa sistem keuangan oleh manajemen hotel yang bertujuan sebagai bahan dasar pengembangan kebijakan keuangan hotel di masa akan datang.

Kini seorang yang bekerja di bidang akuntansi perhotelan dapat melakukan sertifikasi di Lembaga Sertifikasi Jana Dharma Indonesia dengan Skema Administrasi dan Keuangan Perhotelan. pada skema tersebut mempunyai 10 unit kompetensi yang akan di ujikan, unit tersebut antara lain adalah:

  1. Memproses transaksi keuangan
  2. Melakukan komunikasi melalui telepon
  3. Melakukan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
  4. Melakukan prosedur administrasi
  5. Menyimpan catatan keuangan
  6. Mempersiapkan laporan keuangan
  7. Mengelola kauangan sesuai anggaran
  8. Memantau anggaran
  9. Mengelola aset fisik
  10. Mengelola persediaan

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas