fbpx

Manfaat Ekonomi MICE bagi Destinasi Wisata

Industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta dan pelaku bisnis, tetapi juga memiliki dampak ekonomi yang signifikan bagi destinasi wisata. Acara MICE yang sukses dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Berikut adalah beberapa manfaat ekonomi MICE bagi destinasi wisata.

Pertama, MICE menciptakan permintaan yang tinggi terhadap sektor akomodasi. Dengan adanya pertemuan, konferensi, dan pameran yang melibatkan jumlah peserta yang besar, akan ada kebutuhan yang besar akan kamar hotel. Ini akan meningkatkan tingkat hunian hotel dan menghasilkan pendapatan bagi pemilik hotel serta para pekerja yang terkait dengan industri akomodasi.

Kedua, MICE juga memberikan dampak positif pada sektor makanan dan minuman. Selama acara MICE, peserta memerlukan tempat untuk makan dan minum. Restoran, kafe, dan penyedia jasa katering lokal akan mengalami peningkatan permintaan selama acara berlangsung. Hal ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan bagi pengusaha makanan dan minuman, serta menciptakan lapangan kerja bagi pekerja di sektor tersebut.

Selanjutnya, MICE dapat mendorong pertumbuhan sektor transportasi. Peserta acara MICE biasanya melakukan perjalanan udara, kereta, atau bus untuk mencapai destinasi acara. Ini akan meningkatkan permintaan terhadap maskapai penerbangan, operator kereta, penyedia jasa bus, serta penyedia layanan taksi dan transportasi lokal lainnya. Hal ini akan memberikan stimulus ekonomi bagi sektor transportasi dan mendukung pengembangan infrastruktur transportasi di destinasi wisata.

Selain itu, MICE juga berdampak pada sektor pariwisata secara keseluruhan. Dalam beberapa kasus, peserta acara MICE dapat memperpanjang tinggal mereka di destinasi setelah acara selesai atau mengunjungi objek wisata lokal selama waktu luang mereka. Ini berarti meningkatnya kunjungan ke tempat-tempat wisata lokal, seperti taman, museum, atraksi budaya, atau destinasi alam. Penyedia jasa wisata seperti pemandu wisata, operator tur, atau penyedia transportasi wisata akan mendapatkan manfaat dari peningkatan kunjungan ini.

Selanjutnya, MICE juga dapat memicu pertumbuhan sektor ritel dan perdagangan. Peserta acara MICE seringkali melakukan pembelian di destinasi, baik itu oleh kebutuhan bisnis atau sebagai pengalaman belanja selama waktu luang mereka. Toko-toko, pusat perbelanjaan, dan pedagang lokal akan mengalami peningkatan permintaan selama acara berlangsung. Ini akan menciptakan peluang bisnis dan meningkatkan pendapatan untuk sektor ritel.

Terakhir, MICE dapat meningkatkan citra dan branding destinasi wisata. Dengan menjadi tuan rumah acara MICE yang sukses, destinasi tersebut akan mendapatkan eksposur internasional dan diakui sebagai tempat yang mampu menyelenggarakan acara bisnis dan kegiatan profesional. Ini akan meningkatkan citra destinasi sebagai tujuan bisnis yang menarik dan meningkatkan daya tarik untuk acara MICE berikutnya.

Secara keseluruhan, MICE memiliki manfaat ekonomi yang signifikan bagi destinasi wisata. Dengan meningkatkan permintaan terhadap sektor akomodasi, makanan dan minuman, transportasi, pariwisata, ritel, serta meningkatkan citra destinasi, MICE dapat memberikan stimulus ekonomi yang kuat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. Oleh karena itu, penting bagi destinasi wisata untuk mengembangkan strategi yang kuat dalam menarik acara MICE dan memanfaatkan potensi ekonomi yang dimiliki oleh industri ini.

 

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas