fbpx

Manajement Event Seorang Penataan Pertunjukan

Certified Event Vanue Management Specialist LSP Jana Dharma Indonesia

Manajement Event Seorang Penataan Pertunjukan

LSP JDI – manajemen event merupakan hal yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk menyelenggarakan suatu kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara rinci dan terorganisasi sehingga acara dapat berjalan dengan lancar dan memuaskan.

Dalam manajemen event erdapat beberapa tahapan atau langkah yang harus diperhatikan agar acara dapat terlaksana dengan lancar, antara lain:

1. Research
Tahapan yang pertama dalam manajemen acara adalah melakukan riset. Terdapat lima pertanyaan yang dapat penyelenggara gunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan event, yaitu apa yang akan dimunculkan atau ditampilkan dalam acara, dimana serta mengapa acara harus dilaksanakan, lalu kapan acara tersebut akan dilaksanakan, dan, yang terakhir, siapa atau pihak mana saja yang akan terlibat di dalam acara.
2. desain atau ide yang unik dapat membantu pelaksanaan sebuah acara. Ide yang unik dan berbeda dapat penyelenggara dapat melalui proses brainstorming dan mind-mapping. Kegiatan ini berguna saat merencanakan apa tema dan konsep acara, lalu bagaimana rencana dekorasi dan hiburan apa yang akan ada selama acara, dan lainnya.
3. Planning
Kegiatan planning atau perencanaan ini merupakan tahapan yang akan memakan cukup banyak selama proses manajemen event. Namun, hal ini dapat dilakukan dengan mudah jika tahap riset dan desain sudah terpenuhi. Jika dua tahap sebelumnya tidak maksimal, tahapan ketiga ini akan menghambat manajemen acara secara keseluruhan.
4. Coordination
Tahap koordinasi atau tahapan mengeksekusi rencana yang telah terbentuk dengan saksama melalui tiga tahapannya sebelumnya. Pada tahap ini, peran event manager sangat penting karena mereka harus melakukan pengambilan keputusan secara profesional ketika terdapat suatu hambatan yang membutuhkan keputusan terbaik dengan segera sehingga akan berdampak baik acara yang akan penyelenggara adakan.
5. Evaluation
Tahapan evaluasi yaitu penilaian pada acara dari tahap pertama hingga acara selesai. Proses penilaian dan pengukuran dari strategi dalam manajemen acara akan menjadi data akan digunakan sebagai dasar. Hal ini bertujuan untuk proses analisis perencanaan acara di masa yang akan datang. Hal ini memiliki tujuan untuk melihat kelebihan dan kelemahan acara serta keberhasilan dari acara yang sudah terselenggara sejak dahulu.

Seorang yang bekerja sebagai state manager haruslah professional karena megatur semua hal dalam suatu pertunjukan. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia, seorang SDM yang ingin bekerja atau menekuni pada bidang MICE dapat mengikuti sertifikasi dengan skema Marketing Communication Specialist, skema Bidding Specialist, skema Venue Management Specialist, skema Pendamping dan Penghubung VVIP-VIP Liaison Officer, skema Event Registration. Sertifikasi tersebut bias diikuti tidak hanya SDM dibidang MICE tetapi masyarakat umum yang ingin mengembangkan potensinya dibidang MICE.

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

 

Sertifikasi Usaha Hotel adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha hotel untuk mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha hotel melalui baca selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas