fbpx

Keterampilan Latte Art yang Diperlukan oleh Seorang Barista

Keterampilan Latte Art yang Diperlukan oleh Seorang Barista – Latte art adalah seni membuat gambar atau pola yang indah di atas permukaan minuman kopi dengan menggunakan susu steamed. Sebagai seorang barista, memiliki keterampilan dalam latte art dapat meningkatkan presentasi minuman kopi Anda dan memberikan pengalaman visual yang menarik bagi pelanggan. Berikut adalah beberapa keterampilan latte art yang diperlukan oleh seorang barista:

  1. Steaming Susu: Keterampilan yang baik dalam mengukus susu adalah dasar dari latte art yang sukses. Anda perlu memahami teknik steaming susu dengan benar untuk mencapai tekstur yang tepat, yaitu mikrofoam yang halus dan konsisten. Hal ini penting agar Anda dapat mengendalikan aliran susu dan menghasilkan krema yang baik untuk menciptakan pola latte art.
  2. Pouring Technique: Teknik menuangkan atau mengeluarkan susu ke dalam cangkir espresso dengan perlahan dan terkontrol adalah keterampilan penting dalam latte art. Anda perlu mempelajari teknik dasar seperti tulip, heart, rosetta, atau desain lainnya. Mengatur kecepatan, ketinggian, dan sudut saat menuangkan susu adalah kunci untuk menciptakan pola yang diinginkan.
  3. Kontrol Cetakan: Mengendalikan cetakan atau alat bantu seperti stick atau alat ukur latte art adalah penting dalam menciptakan pola yang terdefinisi dengan baik. Anda perlu menguasai keterampilan menggambar dengan menggunakan cetakan yang sesuai dan mengendalikan gerakan tangan Anda untuk menciptakan garis, lingkaran, atau pola yang diinginkan.
  4. Kreativitas dan Detail: Untuk menghasilkan latte art yang menarik, kreativitas adalah kunci. Berpikir di luar kotak dan mencoba ide-ide baru dalam menciptakan pola yang unik adalah bagian dari keterampilan latte art yang baik. Selain itu, perhatikan detail kecil seperti ketebalan garis, simetri, dan keseimbangan pola untuk menciptakan latte art yang indah.
  5. Praktek yang Konsisten: Seperti keterampilan lainnya, konsistensi dalam latte art diperlukan. Melakukan latihan yang rutin dan terus-menerus akan membantu Anda meningkatkan keahlian dan kecepatan Anda dalam menciptakan pola yang diinginkan. Jangan takut untuk mencoba berbagai teknik dan mencatat hasilnya untuk melihat kemajuan Anda dari waktu ke waktu.
  6. Penciptaan Pola Lanjutan: Setelah Anda menguasai teknik dasar latte art, Anda dapat mencoba menciptakan pola lanjutan yang lebih rumit dan rumit. Ini termasuk pola seperti tulisan tangan, gambar wajah, atau desain khusus sesuai dengan permintaan pelanggan. Mengembangkan keterampilan ini akan membutuhkan waktu dan latihan yang lebih intensif, tetapi dapat memberikan kepuasan dan keunikan tersendiri dalam karya Anda.

Keterampilan latte art tidak terbentuk dalam semalam, tetapi dengan latihan yang terus-menerus dan ketekunan, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dan memberikan sentuhan artistik pada minuman kopi Anda sebagai barista.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2024
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2024
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2024
Batch 4 Mulai 7-8 April 2024
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2024
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2024
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2024
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2024
Batch 9 Mulai 1-2 September 2024
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2024
Batch 11 Mulai 10-11 November 2024
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2024

Contact Us

WhatsApp :082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *