fbpx

Event Registration Dalam Sertifikasi MICE

LSP JDI – Registrasi dalam industri pariwisata khususnya berkaitan dengan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) merupakan sebuah proses awal yang harus dilaksanakan untuk keberhasilan suatu kegiatan. dalam proses registrasi akan melibatkan pihak atau unsur yang berkepentingan dengan penyelenggaraan acara kegiatan baik bersifat formal ataupun informal. Proses registrasi tersebut berkaitan dengan bagaimana peserta kegiatan melakukan pendaftaran ataupun pemesanan terhadap acara yang akan dihadirinya. Oleh karena itu menjadi sangat penting memahami tentang registrasi suatu acara.

Tujuan adanya registrasi dalam event tersebut adalah
1. Menyusun bahan/material dan perlengkapan peralatan yang digunakan untuk pelaksanaan sebuah acara. Contohnya computer, furniture, daftar peserta, bahan acara
2. Mempersiapkan tempat penyelenggaraan acara
3. Menjadi langkah awal bagi peserta untuk mengikuti seluruh proses rangkaian acara kegiatan dimana semua pihak yang terlibat akan mengetahui aliran atau rangkaian kegiatan mulai dari awal dampai akhir acara tersebut.

Dalam pelaksanaa register ada 2 jenis yaitu on-site registration dan on-line registration
1. On-Site Registration
On-Site Registration adalah registrasi yang dilakukan pada saat acara berlangsung atau datang langsung ke tempat acara diselenggarakan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapakan dalam melayani yaitu meja registrasi, staf oprasional yang melayani registrasi untuk peserta, komputer dan print, mesin untuk pembayaran secara cash atau credit, ruang pusat informasi dan formulir registrasi.
Pada saat melakukan On-Site Registration, pihak organizer harus mempersiapkan berbagai kebutuhan dan tenaga ahli untuk mendukung kelacaran proses registrasi karena pada saat pelaksanaan on-site registration, hal ini ditunjukan untuk meminimalisir waktu register per peserta masing-masing agar tidak terjadinya tumpukan peserta yang ingin mendaftar.

2. On-Line Registration
On-Line Registration adalah registrasi yang dilakukan melalui media internet atau website yang sudah ditunjuk oleh penyelenggara. Hal-hal yang perlu disiapkan dalam proses registrasi ini adalah membuat website yang aman untuk registrasi yaitu dengan mudah dipahami, membuat penawaran kerjasama dengan website yang sudah adan dan dapat dipercaya apabila menghemat biaya pembuatan website, menangani kegiatan registrasi dalam waktu 24 jam, memiliki database mengenai peserta atau pembawa acara yang update.
Dalan on-line registration tersebut lebihy memudahkan peserta yang akan mendaftar hanya mengisi form pada semua website dan akan langsung terhubung dengan registrasi. Alat yang digunakan pun hanya email saja.

Berikut adalah beberapa hal yang harus di perhatikan dalam melaksanakan event registration. Dalam profesi tersebut untuk menambah legalitas sebagai seorang event registration adalah mengikuti sertifikasi bidang MICE di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia dengan skema Event Registration atau Memproses Pendaftaran Kegiatan pada suatu event.

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas