fbpx

Certified Skema Customer Service Perhotelan

Certified Skema Customer Service Perhotelan

Certified Skema Customer Service Perhotelan

LSP JDI – Menjadi seorang customer service atau layanan pelanggan seringkali hanya sebatas menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang diajukan oleh konsumen, terlebih dalam industry hospitality.

Customer Service adalah divisi yang memainkan peranan penting dalam proses pertahanan sebuah perusahaan. Meski sering dianggap sepele, sebenarnya customer service merupakan pekerjaan yang memiliki banyak fungsi dan peran di dalam perusahaan. Setidaknya terdapat dua fungsi utama seorang customer service, fungsi utama yang pertama adalah menjadi humas terdepan, dan yang kedua adalah menciptakan kultur perusahaan yang positif.

Berikut adalah tugas-tugas customer service perhotelan

1. Menerima tamu

Customer service di hotel bertugas untuk menerima tamu, melayani setiap pertanyaan yang ditanyakan pengunjung serta memberikan informasi dengan selangkap-lengkapnya. Untuk melayani dan menjawab pertanyaan tersebut, seorang customer service harus sebisa mungkin bersikap sopan, ramah dan menyenangkan, serta berbicara dengan suara lembut tapi jelas.

2. Menjadi customer relation office

Menjadi customer relation office adalah seorang customer service yang harus membina hubungan baik dengan seluruh tamu sehingga tamu-tamu akan merasa aman dan nyaman saat berada di hotel tersebut. Imbasnya tamu tersebut bisa menjadi pelanggan di hotel tersebut dan mereka menjadi

3. Sebagai komunikator

Ada kalanya hotel mengalami kendala-kendala teknis seperti wifi mati, AC tidak dingin, atau ganguan suara karena sedang diadakan renovasi. Pihak hotel melalui customer service harus menyampaikan hal ini dengan didahului dengan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya. Meski secara teknis tamu merasa tidak nyaman, namun dengan pelayanan yang baik dari customer service bisa membuat tamu tersebut tidak terlalu mempermasalahkan masalahnya lebih jauh lagi.

4. Melayani reservasi secara online

Saat ini proses reservasi kamar hotel sudah dapat dilakukan hanya lewat smartphone saja. Selain itu, reservasi jug dapat dilakukan lewat website resmi hotel tersebut. Dalam website biasanya ada ruang chat untuk membantu calon pemesan dalam proses reservasi atau informasi tentang ketersediaan kamar. Tugas customer service adalah melayani pertanyaan-pertanyaan dalam website tersebut.

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Sertifikasi Usaha Hotel adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha hotel untuk mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha hotel melalui baca selengkapnya…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas