fbpx

Bekal Profesi Tour Leader Dalam Melayani Wisatawan

Bekal Profesi Tour Leader Dalam Melayani Wisatawan

LSP JDI – Menjadi seorang Tour Leader adalah suatu pekerjaan yang menyenangkan. Selain bisa keliling sejumlah tempat di dalam negeri, juga berkesempatan melanglang buana ke sejumlah negara. Bukan cuma gratis tapi juga dibayar. Lalu bagaimana menjadi tour leader yang handal dan dapat melayani wisatawan dengan baik?

Di Indonesia, tour leader biasanya disediakan biro perjalanan. Pimpinan rombongan berangkat bersama-sama dengan rombongan ke obyek yang dituju. Fasilitas yang diberikan biro perjalanan wisata kepada tour leader terdiri atas tiket pesawat pulang-pergi, akomodasi di tempat yang sama dengan di mana para peserta menginap, fasilitas makan selama perjalanan, dan uang saku yang besarnya bervariasi antara Rp. 250.000 hingga Rp. 1.000.000 per harinya. Penghasilan profesi ini cukup menggiurkan. Tapi itu tergantung dari profesionalitas dan pengalamannya.

Berikut adalah cara untuk menjadi tour leader yang handal:

  1. Berpenampilan menarik

Biasanya seorang wisatawan akan cenderung lebih tertarik dengan pemandu yang berpenampilan menarik, unik, bersih, dan menyenangkan. Menyenangkan dalam artian di sini adalah, seorang tour leader yang mampu membuat wisatawan senang dan tidak merasa sedang dalam perjalanan. Seorang tour leader bisa saja membuat games atau berkaraoke selama perjalanan untuk membuat peserta senang

  1. Memiliki wawasan yang luas

Seorang tour leader yang memiliki pengetahuan yang luas tentu akan lebih disenangi oleh para peserta. Apalagi jika tour leader memiliki pengetahuan diluar obyek wista yang sedang dikunjungi.

  1. Memiliki pengalaman tergantung jam terbang

Wisatawan tentu akan lebih tertarik dengan tour leader yang sudah memiliki banyak pengalaman dibandingkan dengan tour leader yang baru. Namun tidak menutup kemungkinan juga tour leader baru tidak akan disenangi para peserta. Tour leader baru juga bisa disenangi para peserta dengan cara mereka sendiri. Maka dari itu, lebih baik tour leader yang masih baru jangan memikirkan fee yang akan diterima dulu, anggap saja fee itu adalah bonus untuk menambah pengalaman.

  1. Mempunyai skill

Skill yang harus dimiliki seorang tour lader adalah orang yang dapat berkomunikasi yang baik dan mempunyai skill yang ahli dalam bidang tersebut.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia, seorang SDM pariwisata khusunya seorang tour leader dapat mengikuti sertifikasi dengan skema Tou Leader Sertifikasi tersebut bias diikuti tidak hanya SDM pariwisata atau masyarakat umum yang ingin mengembangkan potensinya dibidang kepemanduan pariwisata selain skema Tour Leader ada juga skema dibidang kepemanduan wisata yaitu skema kepemanduan outbound, skema kepemanduan museum, skema pemandu ekowisata.

 

Contact Us

WhatsApp : 082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *