fbpx

Festival Jatim Kompeten 2013

Gerakan jatim kompeten telah dicanangkan sejak 20 maret 2012 oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo bertempat di Gedung Jatim expo Surabaya bersama ketua BNSP dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Kependudukan. Pencanangan ini dihadiri langsung oleh Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Muhaimin iskandar. Kegiatan ini merupakan terobosan dan prestasi Jawa Timur menjadi pionir bagi provinsi di Indonesia untuk menyosialisasikan kepada masyarakat Jawa Timur tentang pentingnya kompetensi disetiap aspek kegiatan dan kehidupan. Hal ini diharapkan menjadi landasan naluri dan budaya masyarakat yang menjadi semangat untuk kompeten di profesinya masing-masing.

Implementasi gerakan Jatim Kompeten telah dilaksanankan dalam berbagai kegiatan dan program seperti, pembentukan dan pengembangan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). LSP di Jawa Timur kini telah berjumlah 13 LSP. Program ini diawali dengan launching LSP Pertanian Nasional, Manajemen Wirausaha dan Produktifitas MERDEKA, KJK Gayatri dan P2K3I. Pembentukan dan pengembangan Tempat Uji Kompetensi (TUK) di wilayah Jawa Timur yang berlokasi di BLK dan institusi lain yang kini telah berjumlah 28 TUK.

Peningkatan jumlah Asesor kompetensi melalui pelatihan dan sertifikasi calon asesor bagi para jabatan fungsional instruktur dan para eksekutif perguruan tinggi, pengusaha, dan praktisi sebagai pelopor dan motivator implementasi kompetensi, pada 2013 telah mencapai 1500 asesor lebih. Berikutnya Peningkatan jumlah peserta uji kompetensi bagi calon tenaga kerja dan tenaga kerja melalui pembekalan dan sertifikasi kompetensi berbagai bidang dan sektor yang telah ditetapkan dengan adanya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Selain itu revitalisasi prasarana Balai Latihan Kerja (BLK) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) swasta, industri dan perguruan tinggi di Jawa Timur dalam mendukung penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi kompetensi. Pengembangan juga dilakukan pada program pelatihan berbasis kompetensi (PBK) terhadap mitra kerja Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta, Industri dan Perguruan tinggi).

Tidak hanya disitu, Pengembangan kompetensi dan entrepreneur di Jawa Timur terus digelorakankan melalui Festival WIRAUSAHA PRODUKTIF, Pelatihan Wirausaha Produktif, Kompetisi Karya Cipta Instruktur, Kompetisi Ketrampilan Instruktur Regional Jawa Timur, dan seleksi daerah ASEAN Skill Compettion (ASC).

Banyaknya pihak yang terlibat dalam gerakan Jatim Kompeten adalah sangat wajar apabila mereka mendapatkan apresiasi atas apa yang telah mereka kontribusikan untuk Provinsi Jawa Timur. Inilah wujud apresiasi kepada anak bangsa yang memiliki prestasi yang layak mendapatkan penghargaan. Dari kreativitas yang populer serta membanggakan bangsa dan negara menjadi tujuan utama Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur mempersembahkan “ FESTIVAL JATIM KOMPETEN 2013″ yang diselenggarakan di Hotel Meritus Surabaya tanggal 27 Nopember 2013.

Terkait dalam acara Festival Jatim Kompeten 2013, akan diberikan Sertifikasi Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) oleh Ketua BNSP adalah LSP Pariwisata Nasional, Cohespa, Pertanian Nasional, Tehnologi Informatika, Tehnologi Indonesia, Tata Laksana Rumah Tangga (TLRT) Nusantara dan TLRT Indonesia. Penyerahan sertifikasi asesor kompetensi kepada 10 orang perwakilan peserta pelatihan asesor yang berasal dari unsur praktisi, perguruan tinggi dan birokrasi. Penyerahan sertifikasi hasil uji kompetensi kepada peserta uji kompetensi keahlian serta penghargaan kepada 2 (dua) tokoh special achievement yang dinilai telah berjasa memberi inspirasi, mendorong gerakan kompeten serta menghasilkan prestasi kompetensi yang membanggakan masyarakat Jawa Timur yang diwakili Group Jawa Pos. Beberapa tokoh penghargaan kompetensi juga diberikan berdasar katagori kompeten dibidang media (Errol Jonathan), kompeten dibidang budaya (Bambang Sukma Pribadi), kompeten dibidang olahraga (Henny Maspaitela dan Naniek Surya Atmadja), kompeten dibidang pendidikan (Dr.dr. Poedji Roehajati Spok dan Prof.Dr.Hj.Ibtisjaroh), kompeten dibidanng ekonomi kewirausahaan (Muhammad Najikh dan Alim Markus) dan kompeten dibidang social lingkungan (Prof.Dr.KH Abdul Ghofur).

Bersamaan dalam acara Fesival Jatim Kompeten 2013 juga diacarakan penyerahan kepada :

1. 4 (empat) Kepala Daerah yaitu dari Kab. Malang, Ponorogo, Madiun dan Blitar yang berhasil menempatkan tenaga kerja produktif dan TKI Kompeten.

2. 10 (sepuluh) Daerah yang dinilai sebagai Pembina Industrial Peace (Kab. Tulungagung, Kab. Probolinggo, Kab. Bondowoso, Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kab. Magetan, Kab. Ngawi, Kab. Pasuruan, Kab. Mojokerto dan Kab. Gresik) dan 150 perusahaan di Jawa Timur.

3. Piagam penghargaan penerapan 5R/5S antar perusahaan kepada 35 perusahaan yang diwakili juara 1 (PT.PJB Unit Pembangkit Gresik), juara 2 (PLTA Sutami Malang), juara 3 (PT.UBS Surabaya), piagam penghargaan kepada PT Asahimas Flat Glass Tbk dan PT. Semen Indonesia Tbk-Tuban).

4. Penyerahan penghargaan pemenang Asean Skill Competition ke x regional Jawa Timur untuk kejuaran web design (juara 1), kejuaraan cooking (juara 1), kejuaraan fashion technology (juara 1) dan kejuaraan joinery (juara 1).

5. Penyerahan penghargaan Karya Cipta Instruktur BLK ( UPT Wonojati, Pasuruan, Ponorogo, Situbondo dan Singosari)

6. Penyerahan penghargaan kompetensi instruktur BLK (kejuruan las listrik, otomotif, listrik dan IT).*) bdr/nop/2013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas