Konsultan Penilaian Kinerja Berbasis Kompetensi

Tentang Konsultan Penilaian Kinerja Berbasis Kompetensi

Hpak Made Witaraasil penelitian pada pengelolaan personel menunjukkan kinerja seorang individu ditentukan oleh empat faktor yaitu pengalaman, kompetensi teknis (hard skills), kompetensi perilaku (soft skills) dan kepribadian (Pendit, 2007). Pengalaman didapat dari apa yang telah dikerjakan dan dapat diukur melalui analisis riwayat pekerjaan, hasil penilaian kinerja dan track record yang dimiliki.  Adapun kompetensi teknis berdasar pada apa yang telah diketahui oleh seseorang dan dapat diukur melalui kualifikasi profesional (sertifikat dan ijazah) ataupun melalui test kemampuan atau uji kompetensi.

Faktor yang keempat adalah kompetensi perilaku dan kepribadian. Kedua faktor ini lebih terkait dengan aspek psikologis dan berhubungan dengan apa yang dapat dilakukan. Seseorang dengan pengalaman dan kualifikasi teknis yang memadai belum tentu memiliki kinerja yang baik. Jika yang bersangkutan tidak mampu menunjukkan perilaku yang mendukung pelaksanaan tugas dan jabatannya. Menurut Schuler & Jackson penilaian kinerja dilakukan dengan tujuan untuk:

  1. Mensejajarkan tugas individu dengan tujuan organisasi yaitu dengan menambahkan deskripsi tindakan yang harus diperlihatkan keryawan dan hasil-hasil yang harus mereka capai agar suatu strategi dapat hidup.
  2. Mengukur kontribusi masing-masing unut kerja dan masing-masing karyawan.
  3. Evaluasi kinerja memberi kontribusi kepada tindakan dan keputusan-keputusan administratif yang mempertinggi dan mempermudah strategi.
  4. Penilaian kinerja dapat menimbulkan potensi untuk mengidentifikasi kebutuhan bagi strategi dan program-program baru

Jasa Kami

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Cabang DIY merupakan lembaga yang legal terkait dengan pengembangan kompetensi tenaga kerja di bidang pariwisata. Dalam ruang lingkup kegiatannya juga dapat sebagai mitra bagi perusahaan dalam membantu beberapa kegiatan sebagai berikut:

  1. Penyusunan Indikator kinerja berbasis kompetensi untuk bidang perhotelan, SPA, Travel Agent dan sektor pariwisata lainnya.
  2. Penyusunan alat ukur penilaian kinerja berbasis kompetensi yang dapat digunakan untuk mengukur kompetensi dan kinerja karyawan secara berkala
  3. Penilaian kinerja dalam rangka promosi, rotasi dan pensiun dini

Untuk informasi lebih lanjut bisa datang atau telelpon langsung ke:

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Cabang D.I Yogyakarta
Jl Podocarpus II Blok C 9 Bulaksumur Kompleks UGM
Telp/Fax : 0274-543761
Telp/SMS:0274-6812005
web: lsppariwisata.com
e-mail: lsppar_jogja@yahoo.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>