fbpx

Tahapan SDM MICE Profesional

Tahapan SDM MICE Profesional

LSP JDI – Industri Pertemuan atau lebih dikenal dengan istilah MICE merupakan bagian dari kegiatan pariwisata. Untuk menyelenggarakan sebuah event nasional maupun internasional harus mempunyai kemampuan khusus yang dapat menyusun kegiatan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Berikut dasar-dasar yang harus dimiliki oleh SDM MICE adalah:

  1. Memiliki kemampuan berbahasa asing

Memiliki kemampuan bahasa asing menjadi syarat wajib bagi SDM di industri ini. Kemampuan ini nantinya diperlukan untuk membuat proposal, presentasi pada penyelenggara, hingga komunikasi dengan stakeholder.

  1. Memahami destination branding

Destination Brand adalah jati diri atau identitas yang membuat destinasi dapat diidentifikasi secara berbeda dengan destinasi yang lain, dan agar target pelanggan mudah mengingatnya. brand dapat diidentifikasi melalui komponen-komponen yang biasa disebut dengan elemen merek (brand elements). Berikut beberapa elemen brand yang dapat dikombinasikan dalam membangun brand destinasi (destination branding)

Hal yang sering dilupakan oleh pemilik usahadalam menjaring SDM-nya adalah tidak memiliki cukup pengetahuan tentang pariwisata. Mereka harus memahami pariwisata terutama di Indonesia. Karena salah satu tujuannya adalah bagaimana Anda sebagai penyelenggara mampu menarik asosiasi atau organisasi tertentu untuk mengadakan event di Indonesia.

Tahapan SDM MICE Profesional

  1. Memahami e-Procurement

Satu hal yang penting bagi SDM industri MICE adalah memahami proses e-procurement terutama yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Bisa dikatakan rezeki terbesar dari industri MICE adalah melalui pengadaan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

  1. Memiliki relasi dengan stakeholder

Stakeholder pada industri itu sendiri biasanya adalah pemerintahan, asosiasi, organisasi profesi, supplier, atau pebisnis event lainnya. Memiliki relasi pada sektor-sektor ini akan memiliki banyak manfaat seperti mengetahui kalender event, kapan waktu penyelenggaraan event pada periode tertentu, bahkan Anda bisa mendapatkan penawaran spesial dari supplier.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia, seorang SDM bidang MICE dapat mengikuti sertifikasi dengan skema Marketing Communication Specialist, skema Bidding Specialist, skema Venue Management Specialist, skema Pendamping dan Penghubung VVIP-VIP Liaison Office, skema Event Registration. Sertifikasi tersebut bias diikuti tidak hanya SDM dibidang MICE tetapi masyarakat umum yang ingin mengembangkan potensinya dibidang MICE.

Lihat skema sertifikasi yang lain disini..

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas