fbpx

Sertifikasi Kompetensi Laundry Attandant Handling The Laundry Customer

Sertifikasi Kompetensi Laundry Attandant Handling The Laundry Customer

Sertifikasi Kompetensi Laundry Attandant Handling The Laundry Customer

LSP JDI – Di dalam operasional laundry & dry cleaning busineness di butuhkan juga sumber daya manusia yang mengelola bagian kantor depan yang bertugas menangani tamu yang datang atau pun bertugas mengambil atau mengumpukan bahan cucian di kamar hotel. Petugas yang menangani tanggung jawab tersebut adalah counter clerk atau valet.

Counter clerk atau valet disebut sebagai duta daripada perusahaan laundry dan dry cleaning di hotel ditempat mereka bekerja. Mereka langsung berhbungan dengan tamu yang hendak mencucikan pakaianannya dan melalui petugas inilah para tamu mendapat gambaran bagaimana keadaan dan mutu pekerjaan di laundry.

Tamu adalah langganan atau sumber keungan daripada laundry atau drycleaning department sebab bilaman tamu-tamu tidak mencucikan pakaiannya maka laundry department akan mengalami kesulitan membiayai usahanya. Dari sini bisa diketahui bahwa fungsi tamu adalah penting sekali bagi usaha laundry. Sebab itu kepuasan akan hasil mutu cuci harus senantiasakan diperhatikan, sebab ketika terjadi complaint yang pertama dihubungi bukan washman atau bagian setrika atau manager atau supervisor akan tetapi counter clerk atau valet. Kepada mereka dipercayakan tentang perawatan pakaian yang diberikan tamu dan counter clerk atau valet yang akan menggambarkan pada mereka tentang qualitas laundry hingga mereka yakin. Sebab itu fungsi counter clerk dan valet sangat penting.

Berikut ini persyaratan counter clerk dan valet:

1. Kemampuan bahasa inggris

Dalam memenuhi fungsi pekerjaan counter clerk dan valet, maka syarat yang pertama harus dipenuhi adalah dapat melayani tamu atau langganan dalam satu bahasa yang dapat dimenegerti oleh tamu. Standar bahasa international adalah bahasa inggris, oleh sebab itu maka seorang counter clerk atau valet atau bahkan pegawai hotel bertaraf international, diharuskan memiliki kemampuan bahasa secara aktif.
2. Personality dan Education

Personality petugas counter clerk dan valet sangat penting, mereka setidaknya harus mampu menunjukkan keagungan dan rasa simpatik serta physic yang baik (tidak cacat), bak secara rohani maupun jasmani. Personality adalah modal utama suatu kegiatan usaha laundry untuk menarik para tamu dan langganan agar tetap datang mencucikan pakaiannya. Kemudian kemampuan berkominikasi dengan bahasa yang baik dan kemampuan bergaul dengan sesame manusia hanya bisa diperoleh dari jalur pendidikan yang baik dan ini harus disatukan untuk menjadikan seseorang dewasa dalam pergaulan.
3. Pendidikan keterampilan khusus

Pendidikan khusus maksudnya adalah pengetahuan mengenai pekerjaan yang akan dilaksanakannya yaitu laundry & dry cleaning service atau valet service. Mereka harus melakukan training on the job di plant atau di laundry operation terlebih dahulu agar bisa tahu dengan pasti kira-kira bagaiamana cara-cara perawatan terhadap bahan pakaian. Mereka harus mengetahui dan memahami seluk beluk textile, bukan untuk menjadi ahli tapi sekdar memahami tentang serat benang, anyaman serta warna-warna agar mereka 50 dapat menerangkan tentang proses pencucian suatu pakaian kepada tamu untuk meyakinkan tamu dan tidak member janj-janji yang tidak diketahuinya.

4. Kejujuran

Dalam hal barang berharga dari tamu seperti perhiasan mungkin tertinggal di kantong harus dikembalikan kepada tamu. Bila ada tamu karena sibuknya sehingga di hotel tanpa memeriksa didepan valet maka barang harus dikembalikan. Mendaptakna citra yang baik dihadapan tamu membuat mereka akan kembali menginap di hotel tersebut (repeated guest) dan terutama akan menggunakan laundry department tersebut dalam setiap pencuciannya.
Kalian ingin mengikuti sertifikasi untuk meningkatkan potensimu kamu dapat mengikuti Sertifikasi Kompetensi Laundry Attandant Handling The Laundry Customer di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia dengan skema Laundry Attendant. Sertifikasi tersebut dapat diikuti oleh karyawan yang yang sudah bekerja di bidang tersebut atau dari peserta umum yang ingin meningkatkan potesi di bidang tersebut.

Contact Us
WhatsApp : 082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Sertifikasi Usaha Hotel adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha hotel untuk mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha hotel melalui baca selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas