fbpx

Sertifikasi Cook LSP Jana Dharma Indonesia

Sertifikasi Cook LSP Jana Dharma Indonesia

Sertifikasi Cook LSP Jana Dharma Indonesia LSP JDI – Dalam dunia kuliner, peran juru masak memang sangat dibutuhkan. Juru masak tentunya dibutuhkan untuk menyajikan makanan lezat dan menggugah selera. Di dalam dapur ternyata ada juru masak yaitu cook. Cook adala seorang yang memiliki tugas untuk memasak makanan sesuai dengan instruksi resep yang telah ditetapkan. Cook biasanya memiliki keahlian basic dalam hal teknik memasak dan keahlihan untuk mengikuti arahan dari resep.

Tentu saja cook juga memiliki beberapa sebutan dalam dapur. Stagiaires adalah juru masak atau cook baru dalam dapur. Kitchen porters adalah asisten juru masak yang biasanya membantu untuk menyiapkan bahan-bahan. Junior cooks bekerja di bawah line cooks. Pada tahap ini tugas mereka adalah membantu dan mempelajari suatu teknik atau keahlian secara spesifik. Sedangkan line cook, memiliki tugas untuk membantu menyiapkan sebuah makana secara spesifik sesuai kemampuan yang telah mereka miliki.

Secara umum, cook adalah seorang yang memiliki tugas untuk memasak dan menyiapkan hidangan sesuai resep yang ditetapkan. Sedangkan chef memiliki tugas penting untuk mengatur dapur serta hal lain seperti operasional di dalam dan di luar dapur.

Tugas dan Tanggung Jawab cook

  1. Seorang Cook bertugas untuk mempersiapkan masakan sesuai dengan standar resep
  2. Bertanggung jawab untuk memelihara kebersihan dapur, inventori, bahan makanan dan perlengkapan dapur
  3. Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sesuai dengan standar yang telah ditentukan
  4. Melakukan inventory harian, mingguan dan bulanan
  5. Membantu melakukan stock opname di area kitchen setiap akhir bulan
  6. Membuat presentasi dan plating makanan dengan baik dan indah

Program sertifikasi cook ini juga sejalan dengan jumlah tenaga kerja di Indonesia yang berprofesi sebagai cook di suatu restoran ataupun perhotelan. Dengan mengikuti sertifikasi cook tersebut menunjukan bahwa memang berkompeten pada bidang masak memasak. Tentunya hal ini akan menjadi pertimbangan perusahaan apakah nantinya apakah akan menerima kamu untuk posisi pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Selain sebagai pernyataan berkompeten sertifikasi kompetensi juga mampu membuka kesempatan karir yang lebih luas. Dengan bekal sertifikasi kompetensi yang diharapkan membuka kesempatan karir yang lebih luas. Tidak hanya untuk cakupan dalam negeri, namun juga dapat berkembang luas sampai ke luar negeri.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia seseorang yang berprofesi sebagai cook dapat melakukan sertifikasi dengan skema Demi Chef, Skema Pengolahan Indonesia, Skema Baker, Skema Commis Pastry, Skema Bartender, Skema Barista. Tak hanya tenaga kerja perhotelan dan restoran saja sertifikasi tersebut juga dapat diikuti oleh tenaga kerja bidang kuliner lainnya seperti UMKM, catering dll.

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

2 Komentar

    • Halo bisa wa ke nomer berikut ya 081215017975 atau adakah nomer yang bisa kami hubungi? Terimakasih

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas