fbpx

Perangkat yang Diperlukan untuk Menghasilkan Kopi Berkualitas Tinggi

Menghasilkan kopi berkualitas tinggi membutuhkan perangkat yang tepat untuk menyeduh dan memproses biji kopi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa perangkat penting yang diperlukan untuk menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Dari mesin espresso hingga penggiling kopi, berikut adalah perangkat-perangkat yang perlu Anda pertimbangkan untuk memenuhi standar kualitas yang tinggi dalam menyajikan kopi kepada pelanggan Anda.

  1. Mesin Espresso

Mesin espresso adalah perangkat yang paling penting untuk menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Mesin espresso memungkinkan Anda untuk menghasilkan ekstraksi kopi dengan tekanan tinggi, menghasilkan minuman kopi yang kaya, beraroma, dan berkualitas. Pilihlah mesin espresso yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik itu mesin semi-otomatis, otomatis, atau super otomatis, tergantung pada tingkat keahlian Anda dan volume produksi yang Anda hadapi.

  1. Penggiling Kopi

Penggiling kopi adalah perangkat yang krusial dalam menyeduh kopi berkualitas tinggi. Bijinya harus digiling dengan konsistensi yang tepat sesuai dengan metode penyeduhan yang Anda gunakan. Pilihlah penggiling kopi yang memiliki kontrol grind size yang baik dan dapat menghasilkan gilingan yang konsisten. Penggiling dengan tipe burr grinder sering kali dianggap lebih baik daripada penggiling dengan pisau (blade grinder) karena menghasilkan gilingan yang lebih merata.

  1. Timbangan

Timbangan yang akurat sangat penting untuk mengukur jumlah biji kopi dan air yang digunakan dalam penyeduhan. Timbangan yang tepat akan membantu Anda mencapai rasio air-kopi yang konsisten dan menghasilkan hasil penyeduhan yang tepat. Pilihlah timbangan dengan resolusi yang tinggi dan kemampuan untuk menimbang dalam berbagai satuan ukuran.

  1. Teko atau Alat Penyeduhan Pour-Over

Jika Anda menggunakan metode penyeduhan pour-over, seperti V60, Chemex, atau Kalita Wave, Anda membutuhkan teko yang baik. Teko dengan keran yang sempurna memungkinkan Anda mengendalikan aliran air dengan presisi, sehingga menciptakan ekstraksi yang baik dan rasa kopi yang optimal. Pastikan teko Anda dirancang khusus untuk penyeduhan pour-over dan memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai.

  1. Alat Penyeduhan Lainnya

Selain mesin espresso dan pour-over, terdapat berbagai alat penyeduhan lain yang bisa Anda pertimbangkan, seperti AeroPress, French press, syphon, atau Moka pot. Setiap alat memiliki cara penyeduhan yang unik dan menghasilkan profil rasa yang berbeda. Pilihlah alat penyeduhan yang sesuai dengan preferensi rasa Anda dan pelanggan Anda.

  1. Water Kettle

Ketel air yang baik sangat penting untuk menyeduh kopi. Pilihlah ketel dengan aliran air yang lancar, panjang beak yang sempurna, dan kemampuan untuk mengatur suhu air. Kemampuan untuk mengatur suhu air dapat memengaruhi hasil penyeduhan dan ekstraksi kopi.

Kesimpulan

Menghasilkan kopi berkualitas tinggi membutuhkan perangkat yang tepat. Mulai dari mesin espresso hingga penggiling kopi, timbangan, teko, dan alat penyeduhan lainnya, perangkat-perangkat ini adalah investasi penting bagi seorang barista yang ingin menyajikan kopi berkualitas tinggi kepada pelanggan. Pilihlah perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, dan pastikan Anda merawat dan membersihkannya dengan baik agar dapat memberikan performa yang optimal dan menghasilkan kopi yang lezat setiap saat.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2023
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2023
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2023
Batch 4 Mulai 7-8 April 2023
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2023
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2023
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2023
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2023
Batch 9 Mulai 1-2 September 2023
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2023
Batch 11 Mulai 10-11 November 2023
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2023

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas