fbpx

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Seorang Barista

Sebagai seorang barista, menjaga kesehatan fisik dan mental adalah penting untuk menjalani pekerjaan dengan baik dan menghindari kelelahan serta stres yang berlebihan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan fisik dan mental seorang barista:

  1. Istirahat yang Cukup: Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup antara jadwal kerja yang sibuk. Tidur yang cukup memberikan energi yang diperlukan untuk menjalani tugas sehari-hari dengan optimal.
  2. Nutrisi yang Seimbang: Perhatikan pola makan Anda dan pastikan mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi. Sertakan makanan yang kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral dalam diet Anda untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tubuh.
  3. Minum Air yang Cukup: Jaga diri Anda tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup sepanjang hari. Hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein atau minuman manis yang dapat menyebabkan dehidrasi.
  4. Olahraga dan Aktivitas Fisik: Tetap aktif secara fisik dengan melakukan olahraga atau kegiatan fisik lainnya di luar jam kerja. Olahraga membantu menjaga kebugaran tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  5. Manajemen Stres: Barista seringkali bekerja di bawah tekanan dan menjalani jadwal yang padat. Pelajari teknik manajemen stres, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas yang menenangkan, untuk membantu mengurangi stres dan menjaga keseimbangan mental.
  6. Komunikasi dan Dukungan Sosial: Jangan ragu untuk berbicara dengan rekan kerja atau orang terdekat tentang tantangan atau stres yang Anda alami. Mencari dukungan sosial dapat membantu mengurangi beban emosional dan memberikan perspektif yang positif.
  7. Pergilah ke Luar Ruangan: Manfaatkan waktu luang Anda dengan beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dan udara segar dapat meningkatkan mood dan kesejahteraan secara keseluruhan.
  8. Ambil Cuti yang Tepat: Jangan ragu untuk mengambil cuti atau waktu libur yang diperlukan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh Anda. Liburan yang baik dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan kesehatan mental.
  9. Perhatikan Postur Kerja: Perhatikan postur kerja Anda ketika sedang bekerja, terutama ketika sedang melakukan tugas-tugas seperti menyeduh kopi atau mengoperasikan mesin. Pastikan Anda memiliki posisi yang ergonomis untuk menghindari cedera dan ketegangan otot.
  10. Jangan Lupakan Kesenangan dan Hobi: Sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda nikmati di luar pekerjaan. Melakukan hobi atau aktivitas kesenangan dapat membantu mengisi kembali energi dan mengurangi kejenuhan.

Dengan memperhatikan kesehatan fisik dan mental Anda, Anda akan mampu menjalani pekerjaan sebagai barista dengan lebih baik dan menghadapi tuntutan pekerjaan dengan lebih baik. Ingatlah bahwa menjaga keseimbangan hidup adalah kunci untuk merasa bahagia dan sehat secara keseluruhan.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2023
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2023
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2023
Batch 4 Mulai 7-8 April 2023
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2023
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2023
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2023
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2023
Batch 9 Mulai 1-2 September 2023
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2023
Batch 11 Mulai 10-11 November 2023
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2023

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Mengenal Berbagai Jenis Kopi yang Dikuasai oleh Barista

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas