fbpx

Mengenal Sertifikasi Fasilitator Experiental Learning

Sertifikasi Pemandu Outbound

Mengenal Sertifikasi Fasilitator Experiental Learning

LSP JDI – Fasilitator Experiential Learning atau lebih di kenal dengan pemandu outbound merupakan sebuah profesi yang biasanya memandu dalam kegitan outbound, gathering, event organizer . Profesi ini bertugas menyampaikan prosedur permainan. Selain prosedur permainan juga memberikan makna dari aktivitas yang telah dilakukan.

Fasilitator Experiential Learning bukan semata-mata belajar dari pengalaman, tapi sebuah pembelajaran yang menggunakan pengalaman sebagai media belajar. Oleh sebab itu outdoor training menjadi program pengembangan SDM yang cukup diminati saat ini.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI melalui keputusan nomor : KEP 329/MEN/XII/2011, sudah menetapkan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata bidang Kepemanduan Outbound / Fasilitator Experiential Learning, menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia / SKKNI. Inilah yang menjadi dasar penerbitan lisensi.

Mengenal Sertifikasi Fasilitator Experiental Learning

Untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan daya tarik wisata harus dikelola secara profesional. Dengan keberadaan pemandu outbound yang sudah bersertifikasi. Sertifikat bagi pemandu outbound diperlukan karena berkaitan dengan permainan di alam terbuka. Alam terbuka memerlukan keamanan dan keselamatan bagi wisatawan. Dalam proses sertifikasi seorang pemandu outbound setidaknya dapat memahami alat dan karakteristiknya yang akan digunakan dalam kegiatan outbound.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia kini hadir dengan skema baru diantaranya adalah Klaster Kepemanduan Outbound/ Fasilitator Experiential Learning dengan memiliki 19 unit kompetensi yang harus di kuasai seorang pemandu outbound.

Contact Us
WhatsApp : 081215017975
Telp. : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

3 Komentar

    • Assalamualaikum
      Perkenalkan saya adalah salah seorang fasilitator outward bound sejak 1996. Selama ini saya memfasilitasi kegiatan pelatihan Kepemimpinan di Alam Terbuka (KIAT) untuk Diklat PNS (SPAMA, ADUMLA, Diklatpim). Demikian pula saya sering diminta menfasilitasi kegiatan-kegiatan instansi pemerintah dan perusahaan untuk kegiatan-kegiatan institusi mereka. Selama ini saya juga melatih anak-anak muda/ mahasiswa, atau mereka yang telah S1 yang berminat menekuni kegiatan outward bound. (sejak tahun 2013 s.d. 2023).
      Apa langkah-langkah yang perlu saya lalui untuk mempersiapkan para instruktur itu mendapatkan sertifikasi Fasel?
      Wassalam
      Khalid Efendi (HP 082174440319)

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas