fbpx

Menapaki Sertifikasi Barista di LSP Jana Dharma Indonesia

Menapaki Sertifikasi Barista di LSP Jana Dharma Indonesia – Dunia kopi telah berkembang menjadi lebih dari sekadar minuman pagi; ia telah menjadi sebuah seni dan ilmu yang memukau. Dalam upaya menghadirkan kualitas dan profesionalisme yang tinggi dalam dunia ini, Sertifikasi Barista di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia menawarkan jalan menuju pengetahuan mendalam dan keterampilan yang diperlukan untuk meniti karir yang sukses di industri kopi yang semakin kompetitif.

Langkah Pertama: Pemahaman Mendalam tentang Kopi

Menapaki sertifikasi barista di LSP Jana Dharma Indonesia dimulai dengan pemahaman yang mendalam tentang biji kopi itu sendiri. Peserta akan belajar tentang berbagai varietas biji kopi, wilayah asal, serta proses pemanggangan yang memengaruhi rasa dan aroma. Dalam mempelajari fondasi ini, para calon barista akan memiliki landasan yang kuat untuk menghargai dan mengelola bahan baku yang paling penting dalam industri kopi.

Teknik Penyeduhan yang Presisi

Sertifikasi barista juga membawa para calon barista melalui berbagai teknik penyeduhan kopi yang presisi. Dari pour over hingga espresso, setiap metode memiliki teknik dan variabel unik yang perlu dipahami dan dikuasai. Dengan panduan dari instruktur berpengalaman di LSP Jana Dharma Indonesia, peserta belajar bagaimana mengendalikan faktor-faktor seperti grind size, suhu air, dan tekanan, untuk menciptakan secangkir kopi yang sempurna.

Seni dalam Setiap Gelas: Latte Art dan Presentasi

Sebagai bagian integral dari profesi barista modern, seni dalam penyajian kopi juga ditekankan dalam sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia. Peserta akan mendapatkan keterampilan dalam membuat latte art yang indah, menambahkan dimensi estetika pada setiap cangkir kopi. Selain itu, mereka juga akan mempelajari pentingnya presentasi yang menarik, termasuk komunikasi dengan pelanggan dan penjelasan tentang biji kopi yang digunakan.

Uji Kompetensi: Mengukur Kemahiran Sejati

Puncak dari perjalanan menapaki sertifikasi barista adalah uji kompetensi. Ini adalah momen di mana para calon barista menunjukkan semua yang telah mereka pelajari dan dikuasai selama pelatihan. Dengan menghadapi tantangan nyata dalam meracik kopi, membuat latte art, dan berinteraksi dengan pelanggan “hipotetis,” uji kompetensi menguji kemampuan mereka untuk berkinerja di bawah tekanan dan mempraktikkan semua aspek penting yang telah dipelajari.

Kesimpulan

Menapaki sertifikasi barista di LSP Jana Dharma Indonesia adalah perjalanan yang memadukan pengetahuan, keterampilan, dan seni dalam dunia kopi. Dengan fondasi yang kuat tentang biji kopi, keterampilan penyeduhan yang presisi, seni dalam presentasi, serta uji kompetensi yang mendorong kemahiran sejati, para calon barista siap untuk merangkak ke dunia yang semakin menuntut ini dengan keyakinan dan kualifikasi yang kuat.

Persyaratan Administrasi

1. KTP

2. CV

3. Ijazah Terakhir

4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja

5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.300.000 pelaksanaan di Yogyakarta

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2024
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2024
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2024
Batch 4 Mulai 7-8 April 2024
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2024
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2024
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2024
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2024
Batch 9 Mulai 1-2 September 2024
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2024
Batch 11 Mulai 10-11 November 2024
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2024

Contact Us

WhatsApp :082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *