fbpx

Kualifikasi Mendapatkan Sertifikasi sebagai Tour Leader Umroh

Menjadi seorang tour leader umroh adalah panggilan mulia bagi mereka yang ingin membantu jamaah dalam menjalankan ibadah umroh dengan lancar dan berkesan. Dalam upaya untuk memastikan kualitas dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas tersebut, sertifikasi menjadi hal yang sangat penting. Sertifikasi sebagai tour leader umroh mengukuhkan kemampuan dan kompetensi seseorang dalam membimbing jamaah selama perjalanan ke Tanah Suci. Berikut adalah kualifikasi dan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi sebagai tour leader umroh.

  1. Pendidikan Formal atau Pelatihan Khusus: Kualifikasi pertama untuk menjadi tour leader umroh adalah memiliki pendidikan formal atau pelatihan khusus dalam bidang pariwisata, manajemen perjalanan, atau hubungan masyarakat. Beberapa negara atau lembaga mungkin memiliki persyaratan pendidikan minimal yang harus dipenuhi sebelum mengikuti program sertifikasi. Pelatihan khusus yang berfokus pada aspek-aspek penting dari perjalanan umroh, seperti etika beribadah, tata cara ziarah, dan manajemen jamaah, juga menjadi nilai tambah dalam memenuhi syarat sertifikasi.
  2. Pengalaman dalam Pariwisata atau Umroh: Pengalaman dalam industri pariwisata atau pernah menjadi jamaah umroh adalah syarat tambahan yang diharapkan bagi calon tour leader. Pengalaman ini membantu calon tour leader untuk lebih memahami kebutuhan dan harapan jamaah selama perjalanan umroh. Pengalaman ini juga membantu dalam menghadapi tantangan dan situasi yang mungkin timbul selama perjalanan.
  3. Pengetahuan tentang Rute dan Tempat Suci di Mekah dan Madinah: Calon tour leader umroh harus memiliki pengetahuan yang baik tentang rute perjalanan dan tempat-tempat suci di Mekah dan Madinah. Mereka harus memahami tata cara beribadah umroh, termasuk wukuf di Arafah, tawaf di Ka’bah, dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Madinah. Pengetahuan ini memungkinkan tour leader untuk memberikan bimbingan yang akurat dan sesuai dengan ajaran agama.
  4. Kemampuan Komunikasi dan Empati: Seorang tour leader umroh harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan jamaah dari berbagai latar belakang dan budaya. Kemampuan untuk mendengarkan dengan empati dan memberikan dukungan spiritual bagi jamaah juga merupakan kualitas yang dihargai dalam seorang tour leader.
  5. Keterampilan Manajemen Risiko dan Keadaan Darurat: Kualifikasi lain yang penting adalah keterampilan manajemen risiko dan keadaan darurat. Tour leader harus dilatih untuk menghadapi kemungkinan masalah atau situasi darurat selama perjalanan umroh dan dapat mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapinya.

Sertifikasi sebagai tour leader umroh memerlukan kualifikasi dan syarat tertentu untuk memastikan bahwa calon tour leader memiliki kemampuan dan kompetensi yang diperlukan dalam membimbing jamaah selama perjalanan ibadah. Pendidikan formal atau pelatihan khusus, pengalaman dalam industri pariwisata, pengetahuan tentang rute dan tempat suci di Mekah dan Madinah, kemampuan komunikasi dan empati, serta keterampilan manajemen risiko dan keadaan darurat adalah beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi sebagai tour leader umroh yang profesional dan berkualitas. Dengan pemenuhan kualifikasi ini, tour leader umroh dapat memberikan pengalaman ibadah yang bermakna dan aman bagi jamaah selama perjalanan ke Tanah Suci.

Bagi anda yang akan mendapatakan sertifikasi bidang pijat bayi dapat melakukan uji di Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonesis dengan judul skema sertifikasi bidang pijat bayi selain judul skema tersebut LSP Jana Dharma Indonesia mempunyai 34 skema sertifikasi bidang pariwata dan ekonomi kreatif sebanyak 34 skema.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Pemandu Tour Leader Rp 1.500.000 pelaksanaan di Yogyakarta

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2023
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2023
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2023
Batch 4 Mulai 7-8 April 2023
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2023
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2023
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2023
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2023
Batch 9 Mulai 1-2 September 2023
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2023
Batch 11 Mulai 10-11 November 2023
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2023

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Kualifikasi Mendapatkan Sertifikasi sebagai Tour Leader Umroh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas