fbpx

Etika Kerja yang Harus Diketahui oleh Seorang Barista

Etika Kerja yang Harus Diketahui oleh Seorang Barista – Sebagai seorang barista, etika kerja yang baik sangat penting untuk menciptakan pengalaman yang positif bagi pelanggan dan membangun reputasi yang baik dalam industri kopi. Berikut ini adalah beberapa etika kerja yang harus diketahui oleh seorang barista:

  1. Profesionalisme: Menjaga sikap profesional dalam setiap interaksi dengan pelanggan dan rekan kerja adalah penting. Berpakaian rapi, menjaga kebersihan diri, dan berbicara dengan sopan dan ramah adalah bagian dari profesionalisme yang harus dijunjung tinggi.
  2. Punctuality: Tepat waktu adalah kunci dalam dunia kerja, termasuk menjadi seorang barista. Tiba di tempat kerja sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan siap untuk memulai tugas pada waktunya.
  3. Kerja Tim: Kedai kopi biasanya melibatkan kerja tim yang erat antara barista, barista senior, dan manajemen. Bersikap kooperatif, membantu rekan kerja, dan berkontribusi dalam mencapai tujuan tim adalah penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.
  4. Komunikasi Efektif: Barista harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan pelanggan dan rekan kerja dengan jelas dan efektif. Mendengarkan dengan baik, memberikan saran yang tepat, dan menjawab pertanyaan dengan jelas adalah bagian dari komunikasi yang efektif.
  5. Kebersihan dan Keamanan: Menjaga kebersihan tempat kerja, termasuk area penyeduhan kopi dan peralatan, adalah penting untuk memastikan kualitas dan keamanan produk yang disajikan kepada pelanggan. Mengetahui dan mengikuti standar sanitasi dan keamanan makanan adalah bagian integral dari etika kerja seorang barista.
  6. Kualitas Produk: Barista harus selalu berusaha memberikan kualitas produk kopi yang konsisten. Menguasai teknik penyeduhan yang tepat, menjaga kebersihan peralatan, dan menggunakan biji kopi yang segar adalah bagian dari tanggung jawab seorang barista untuk memberikan pengalaman kopi yang berkualitas kepada pelanggan.
  7. Menghormati Pelanggan: Menghormati kebutuhan, preferensi, dan permintaan pelanggan adalah penting dalam memberikan pelayanan yang baik. Bersikap ramah, mendengarkan dengan baik, dan memberikan saran yang sesuai dengan preferensi pelanggan adalah cara untuk menunjukkan rasa hormat kepada mereka.
  8. Pembelajaran dan Pengembangan Diri: Dunia kopi terus berkembang, jadi penting bagi seorang barista untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Mengikuti pelatihan, membaca buku atau artikel tentang kopi, serta berpartisipasi dalam komunitas kopi dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda sebagai barista.

Dengan mematuhi etika kerja yang baik, seorang barista dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif, memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pelanggan, dan mengembangkan karir yang sukses dalam industri kopi.

Persyaratan Sertifikasi

  1. KTP
  2. CV
  3. Ijazah Terakhir
  4. Surat Rekomendasi/Pengalaman Kerja
  5. Jobdesk

Biaya Uji Kompetensi Skema Barista Rp 1.500.000

Jadwal kegiatan Sertifikasi di LSP Jana Dharma Indonesia

Batch 1 Mulai 1-6 Januari 2024
Batch 2 Mulai 3-4 Februari 2024
Batch 3 Mulai 10-11 Maret 2024
Batch 4 Mulai 7-8 April 2024
Batch 5 Mulai 18-19 Mei 2024
Batch 6 Mulai 23-24 Juni 2024
Batch 7 Mulai 7-8 Juli 2024
Batch 8 Mulai 4-5 Agustus 2024
Batch 9 Mulai 1-2 September 2024
Batch 10 Mulai 6-7 Oktober 2024
Batch 11 Mulai 10-11 November 2024
Batch12 Mulai 15-16 Desember 2024

Contact Us

WhatsApp :082322795991
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tips Memilih Mesin Kopi untuk Para Barista Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *