fbpx

BERAPA LAMA SERTIFIKAT LSP JADI?

BERAPA LAMA SERTIFIKAT LSP JADI?

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan lembaga yang melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). BNSP akan memberikan lisesnsi pada LSP setelah melakukan proses akreditasi dan menyatakan bahwa LSP yang bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi. Pelaksanaan sertifikasi dilakukan oleh LSP sebagai perpanjangan tangan dari BNSP selaku lembaga yang diamatkan oleh pemerintah untuk menjamin kredibilitas SDM di Indonesia.

Selaku lembaga yang melakukan sertifikasi kompetensi, LSP memiliki beberapa tugas yaitu membuat materi uji kompetensi, menyediakan asesor, melakukan asesmen, menyusun kualifikasi yang mengacu KKNI, membuat materi uji kompetensi, dan mengembangkan skema sertifikasi. Sedangkan wewenang yang dimiliki LSP antara lain yaitu menetapkan biaya kompetensi, membatalkan atau mencabut sertifikasi kompetensi, menentukan TUK dan membverivikasinya, memberikan sanksi apabila asesor dan TUK melanggar aturan, mengusulkan standar kompetensi baru serta menerbitkan sertifikat kompetensi.

Pelaksanaan proses sertiifikasi biasanya dilakukan selama sehari dnegan durasi sekitar 2-3 jam tergantung dengan sertifikasi yang dipilih. Setelah selesai mengikuti serangkaian proses sertifikasi dan dinyatakan kompeten maka sertifikat BNSP dapat diterima sekitar satu bulan dari pelaksanaan uji kompetensi. Syarat yang diperlukan untuk dapat mengambil sertifikatnya adalah dengan telah melengkapi data sertifikasi di sistem.

Adapun manfaat yang diperoleh setelah memiliki sertifkat kompetensi antara lain

  1. Menambah rasa percaya diri

Anda akan merasa lebih percaya diri dengan memiliki sertifikat kompetensi karena memiliki kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain itu, orang lain juga akan lebih dapat percaya dengan hasil pekerjaan yang sudah Anda kerjakan karena terbukti memiliki keahlian.

2. Mengetahui kemampuan yang dimiliki

Setelah mengikuti uji kompetensi Anda bisa mengetahui bidang mana yang dikuasai dan belu dikuasai sesuai standar keahliannya. Apabila hasil yang diperoleh ‘belum kompeten’ maka Anda harus meningkatkan keahlian yang dimiliki, akan tetapi jika telah dinyatakan ‘kompeten’ maka Anda harus mempertahankannya dan terus belajar.

3. Peluang bekerja lebih besar

Setiap peusahaan pasti akan mencari karyawan atau pegawai yang berkompeten di bidang tertentu. Ketika Anda memiliki sertifikat kompetensi maka akan mempermudahkan dalam mencari pekerjaan.

4. Menambah produktivitas

Mereka yang memiliki sertifikat BNSP biasanya akan dinilai dan memiliki tingkat produktivitas yang lebih baik dibanding yang lain.

 

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Diarsipkan di bawah: Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas