fbpx

Apa itu LSP Pariwisata dan Tugas dan Fungsinya?

LSP Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata adalah singkatan dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata.Pariwisata merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam melakukan sertifikasi profesi di sektor pariwisata di Indonesia. Lembaga ini berperan dalam mengakreditasi dan menyelenggarakan uji kompetensi bagi individu yang ingin mendapatkan sertifikasi profesi di berbagai bidang pariwisata.

LSP Pariwisata memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

  1. Standarisasi Kompetensi: LSP Pariwisata berperan dalam mengembangkan standar kompetensi untuk berbagai profesi di sektor pariwisata. Hal ini dilakukan agar individu yang ingin mendapatkan sertifikasi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan industri pariwisata.
  2. Sertifikasi Profesi: LSP Pariwisata melaksanakan proses sertifikasi profesi bagi individu yang ingin mengukur dan membuktikan kemampuan mereka dalam bidang pariwisata. Proses ini meliputi pengujian kompetensi, baik melalui uji teori maupun uji praktik.
  3. Akreditasi Lembaga Pelatihan: LSP Pariwisata juga bertanggung jawab dalam mengakreditasi lembaga pelatihan yang menyediakan program pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata. Akreditasi ini memastikan bahwa lembaga tersebut memenuhi standar kualitas yang ditetapkan untuk memberikan pelatihan yang berkualitas kepada calon tenaga kerja pariwisata.
  4. Pemeliharaan dan Pengembangan Kompetensi: LSP Pariwisata berperan dalam memelihara dan mengembangkan kompetensi para tenaga kerja pariwisata melalui program pelatihan dan pengembangan profesional. Hal ini dilakukan agar mereka tetap relevan dengan perkembangan industri pariwisata yang terus berubah.

LSP Pariwisata bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Melalui sertifikasi yang diberikan oleh Pariwisata, individu di sektor pariwisata dapat meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme mereka serta memberikan jaminan kualitas layanan kepada pelanggan pariwisata.

LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia adalah Lembaga Sertifikasi Profesi pariwisata yang mempunyai 34 skema sertifikasi bidang pariwisata antara lain Perhotelan, MICE, Kepemanduan Wisata, SPA

Persyaratan Peserta

  1. KTP
  2. Ijazah Terakhir
  3. CV
  4. Jobdesk Pekerjaan
  5. Surat Rekomendasi dari tempat kerja

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Artikel lainya baca di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas