fbpx

Tradisi Pijat Bayi di Indonesia: Manfaat dan Cara Pelaksanaan

Tradisi Pijat Bayi Indonesia: Manfaat dan Cara Pelaksanaan

Pijat bayi telah menjadi bagian dari tradisi perawatan anak di Indonesia selama berabad-abad. Tradisi ini tidak hanya memancarkan kasih sayang dari orang tua kepada bayi mereka, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Melalui pemijatan bayi, maka bayi akan merasa nyaman, karena selain dengan pelukan dan belaian kasih sayang melalui pijat bayi akan ampuh untuk membuatnya nyaman.

Bagi Ibu baru, melakukan pijat bayi mungkin sedikit mengkhawatirkan, ya? Banyak Ibu khawatir jika salah memijat, bayi malah sakit akibat keseleo. Namun sesungguhnya pada praktik lapangan pijat yang dimaksud tidak seperti pijat urut seperti yang populer dilakukan di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tradisi pijat bayi di Indonesia, manfaat yang terkait, dan cara pelaksanaannya.

Tradisi Pijat Bayi di Indonesia

Warisan Budaya

Pijat bayi merupakan warisan budaya di Indonesia yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Di berbagai daerah, tradisi ini memiliki nama yang berbeda, seperti “pijat refleksi” atau “urut bayi.” Sebagai salah satu praktik budaya yang sudah ada sejak berabad-abad lalu maka tradisi satu ini akan terus berlangsung dimasa yang akan mendatang.

Terlebih pemijatan bayi merupakan cara mudah dan simpel, bisa dilakukan oleh ibu muda sekalipun karna pada tekniknya badan bayi hanya dibalur dengan minyak telon dan dipijat secara halus dan selembut mungkin agar tidak memberikan efek rangsangan berlebih ke bayi.

Manfaat untuk Tumbuh Kembang Bayi

Pijat bayi tidak hanya memberikan kepuasan fisik, tetapi juga memiliki manfaat yang signifikan untuk tumbuh kembang bayi. Sentuhan lembut dapat merangsang pertumbuhan tulang, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat sistem saraf. Selain itu gejala yang sering dialami oleh bayi yaitu tegangnya otot akibat sering menangis maka melalui pijat satu ini juga dapat meredakan otot bayi yang tegang serta membantu sistem pencernaan dengan menyembuhkan kolik dan kembung

Penguatan Ikatan Emosional

Pijat bayi merupakan cara yang efektif untuk memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan bayi. Sentuhan lembut dan penuh kasih sayang tidak hanya memberikan rasa aman dan rileks kepada bayi, tetapi juga meningkatkan rasa kepercayaan diri dan kenyamanan.

Pengurangan Ketidaknyamanan

Pijat bayi dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin dialami bayi, seperti kembung, kolik, atau kesulitan tidur. Teknik pijat tertentu dapat meredakan ketegangan otot dan meningkatkan relaksasi. Sistem metabolisme bayi yang masih beradaptasi dengan perubahan-perubahan menyebabkan bayi yang rentan untuk terkena rasa tidak nyaman.

Stimulasi Sensorik

Melalui pijatan, bayi dapat menerima rangsangan sensorik yang penting untuk perkembangan mereka. Ini mencakup sentuhan, tekanan, dan gerakan yang membantu pengembangan koordinasi motorik dan persepsi sensorik.

Cara Pelaksanaan Pijat Bayi

Pilih Waktu yang Tepat

Pijat bayi sebaiknya dilakukan saat bayi dalam keadaan tenang dan tidak lapar. Setelah mandi atau sebelum tidur malam adalah waktu yang ideal.

Gunakan Minyak Pijat yang Aman

Minyak pijat yang digunakan sebaiknya lembut dan aman untuk kulit bayi. Minyak kelapa atau minyak almond seringkali menjadi pilihan yang baik.

Gunakan Teknik Pijatan yang Lembut

Pijat bayi menggunakan teknik-teknik lembut dan penuh kelembutan. Sentuhan ringan dan gerakan melingkar di sekitar perut, punggung, lengan, dan kaki adalah bagian dari teknik pijat bayi.

Komunikasi dengan Bayi

Selama pijatan, penting untuk tetap berkomunikasi dengan bayi. Senyuman, bisikan lembut, atau nyanyian dapat membantu menciptakan ikatan yang lebih dalam.

Pijatan pada Titik-titik Refleksi

Beberapa tradisi pijat bayi mengandalkan pijatan pada titik-titik refleksi tertentu yang diyakini memiliki manfaat kesehatan. Hal ini mencakup titik-titik pada telapak kaki dan tangan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang profesional dalam merawat bayi melalui tradisi pijat yang berharga ini, kami mengajak Anda untuk mengikuti sertifikasi profesi SPA skema Pemijatan Bayi di LSPP Jana Dharma Indonesia.

LSPP Jana Dharma Indonesia menawarkan program sertifikasi yang terkini dan sesuai dengan kebutuhan industri perawatan bayi. Dengan mengikuti sertifikasi ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang teknik pijat bayi yang efektif dan aman.

Baca juga : Peran Positif Sertifikasi SPA bagi Terapis untuk Perawatan Ibu Pasca Persalinan

Ayo, bergabunglah dengan kami di LSPP Jana Dharma Indonesia dan menjadi bagian dari para profesional SPA yang berkomitmen untuk memberikan perawatan terbaik untuk kesehatan dan kesejahteraan bayi. Dengan sertifikasi SPA skema Pemijatan Bayi, Anda dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi yang sehat dan bahagia.

Untuk informasi selengkapnya, hubungi kami :

WhatsApp : +6281215017975
Telp : 0274 543 761 (Ninda)
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas