fbpx

Mengenal Perbedaan Antara Pastry dan Bakery: Pentingnya Memahami Keduanya

perbedaan menu olahan seorang pastry dan bakery

Dalam dunia kuliner, dua konsep yang sering kali disalahpahami adalah pastry dan bakery. Meskipun keduanya terkait erat dengan pembuatan berbagai kudapan produk lezat manis ataupun gurih, namun keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang mendasar.

Untuk menjadi seorang baker yang kompeten, memahami perbedaan antara pastry dan bakery adalah langkah awal yang sangat penting. Guna menambah pengetahuan serta meningkatkan jenjang karir yang lebih baik. Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan antara pastry dan bakery :

1. Bakery: Tempat Kelahiran Roti dan Kue

Bakery, atau roti dan kue dalam bahasa Indonesia, berfokus pada produksi roti, kue, dan produk tepung lainnya. Seorang baker yang bekerja di bakery biasanya ahli dalam mengolah adonan, menghasilkan roti dengan berbagai variasi, serta menciptakan beragam jenis kue. Bakery juga melibatkan proses fermentasi, penggunaan ragi, dan teknik memanggang yang berbeda.

2. Pastry: Seni Lezat dari Olahan Tepung dan Lemak

Di sisi lain, pastry lebih terfokus pada seni pembuatan adonan kering yang kaya akan lemak, seperti butter dan telur. Produk pastry meliputi kue-kue kecil, croissants, dan berbagai karya seni kuliner yang membutuhkan keahlian khusus dalam pembuatan dan pengolahan adonan kering. Keindahan dan kehalusan tekstur menjadi ciri khas dari produk pastry.

Perbedaan yang Penting untuk Diketahui

Pentingnya memahami perbedaan antara bakery dan pastry terletak pada teknik, bahan, dan keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk setiap jenis produksi.

Bahan Baku yang Digunakan

Perbedaan pertama terletak pada bahan baku yang digunakan. Bakery umumnya lebih berfokus pada produk roti, seperti roti tawar, roti gandum, atau kue basah. Sementara itu, pastry cenderung menggunakan bahan yang lebih kaya lemak, seperti mentega dan telur, untuk menghasilkan produk yang lebih kering dan renyah, seperti croissant, puff pastry, atau kue tart.

Teknik Pembuatan yang Berbeda

Pastry dan bakery memiliki teknik pembuatan yang berbeda. Bakery lebih cenderung menggunakan teknik dasar seperti adonan dan pemanggangan, sementara pastry melibatkan proses yang lebih rumit seperti lamination untuk membuat lapisan-lapisan tipis pada adonan. Keahlian ini menciptakan tekstur yang khas pada pastry yang sulit dicapai dengan teknik biasa dalam bakery.

Tujuan Akhir Produk

Produk akhir dari bakery dan pastry juga memiliki tujuan yang berbeda. Bakery umumnya menciptakan produk yang lebih sederhana dan sering kali lebih tahan lama, seperti roti untuk sarapan atau kue untuk sehari-hari. Sebaliknya, pastry sering kali dianggap sebagai karya seni yang memikat mata dan lidah, seringkali disajikan dalam situasi khusus seperti pesta atau acara mewah.

Rasa dan Penampilan yang Berbeda

Ketika berbicara tentang rasa, pastry sering kali memiliki rasa yang lebih kaya dan tekstur yang lebih lembut, karena penggunaan bahan-bahan seperti mentega dan krim. Bakery, di sisi lain, lebih menekankan rasa dasar roti yang gurih dan kue yang manis. Selain itu, pastry sering kali menonjolkan penampilan yang artistik dan cantik, sementara bakery lebih fokus pada tampilan yang sederhana dan praktis.

Pemahaman perbedaan antara pastry dan bakery bukan hanya sekadar informasi, melainkan kunci untuk mengembangkan keahlian yang komprehensif dalam dunia kuliner. Seorang baker yang mahir dalam bakery dan pastry memiliki keunggulan kompetitif karena dapat menyajikan beragam produk dengan kualitas terbaik.

Baca juga : Pentingnya Pengetahuan Industri Perhotelan Bagi Seorang Baker

Untuk meraih keahlian yang lebih mendalam dan diakui secara profesional dalam dunia bakery dan pastry, mengikuti sertifikasi profesi skema baker di LSPP Jana Dharma Indonesia adalah langkah yang sangat tepat. Sertifikasi ini tidak hanya memberikan pengetahuan mendalam tentang teknik-teknik terbaru, tetapi juga membimbing para peserta untuk memahami standar industri dan tata kelola yang baik.

Melalui sertifikasi ini, Anda dapat mengasah keterampilan Anda, memahami tren terkini dalam industri, dan membangun jaringan dengan para ahli dalam bidang ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan diri Anda sebagai seorang baker yang berpengetahuan luas dan terampil. Bergabunglah dengan LSPP Jana Dharma Indonesia, dan mari kita bersama-sama mencapai puncak kesuksesan dalam dunia kuliner yang dinamis.

Hubungi kontak dibawah ini untuk informasi lebih lanjut:

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761 (Ninda)
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas